IBU HAMIL RENTAN DEHIDRASI, KENALI GEJALANYA!
09 January 2017
Hidup Seimbangku
Share

IBU HAMIL RENTAN DEHIDRASI, KENALI GEJALANYA!

Hamil adalah moment kesempurnaan bagi seorang ibu. Tidak sedikit dari para ibu menantikan masa bahagia ini. Namun taukah Anda Healthy People, saat hamil nutrisi yang diperlukan juga akan bertambah termasuk asupan cairan, kebutuhannya terus bertambah seiiring dengan perkembangan janin. Olah karena itu, ibu hamil rentan terkena dehidrasi jika tidak diimbangi dengan asupan cairan yang cukup.

Kebutuhan cairan pada wanita hamil meningkat dengan pertambahan 300 cc per semester dari kebutuhan cairan normal perharinya. Selain mengakibatkan gejala umum dehidrasi, seperti bibir kering atau tubuh lemah, dehidrasi yang parah akibat kurang minun dapat membahayakan pertahanan air ketuban pada rahim yang berhubungan dengan perkembangan janin.

Penelitian mengenai asupan cairan pada ibu hamil dan ibu menyusui di Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya pada 2014 menunjukkan bahwa wanita hamil sehat, khususnya, yang berusia 20-35 tahun 55,9 persen merasa haus dan 31,9 persen mengaku tidak buang air besar setiap hari. Berdasarkan lingkar lengan, 14,2 persen wanita hamil yang lebih dari 50 persen teridentifikasi kelebihan berat badan dan obesitas terklarifikasi mengalami defisiensi energi kronik akibat kekurangan cairan. Pertambahan berat badan akibat penumpukan lemak dan ketidakstabilan hormon mengakibatkan penyerapan cairan berkurang dan wanita menjadi rentan dehidrasi.

Lalu bagaimana cara mengetahui deteksi awal dehidrasi dengan cara melihat gejalanya seperti bibir dan mulut kering, rasa haus berlebih, tubuh lemah, dan lemahnya konsentrasi. Tanda-tanda dehidrasi juga mudah diketahui dari warna atau kepekatan urin yang dapat dilihat saat buang air kecil. Bila air kencing atau urin keluar dalam debit kecil dan berwarna kuning kecokelatan, itu tanda awal dehidrasi.

Jadi sebaiknya cukupi kebutuhan cairan Anda dengan mengkonsumsi air mineral yang higenis dan mengandung PH 8+ seperti TOTAL 8+. Jangan tunggu sampai Anda merasakan sinyal haus. Sebisa mungkin minum TOTAL 8+ sebelum Anda merasa haus. Jika dirumah sediakan ukuran 1Liter, saat bepergian Anda bisa membawa TOTAL 8+ ukuran 500ml dan 300ml.

 

Yuk Sehatkan tubuh dan janin Anda dengan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh agar tidak dehidrasi.