Cara Hemat Liburan Akhir Tahun
21 December 2016
Hidup Seimbangku
Share

Cara Hemat Liburan Akhir Tahun

Tanggal merah pada hari Natal dan Tahun Baru akan menjadi waktu liburan panjang di akhir tahun. Berbagai rencana liburan pasti sudah terbayang di benak Anda.

Liburan Natal hingga Tahun Baru sudah menanti didepan mata. Berbagai rencara liburan pasti sudah Anda bayangkan di benak Anda. Tapi tunggu dulu, sudahkah Anda mempersiapkan budget liburan dengan tepat?

Jika Anda merasa kesulitan mengatur anggarannya, Yuk simak 4 cara hemat dan tepat agar liburan akhir tahun Anda tidak menghabiskan banyak pengeluaran.

 

1. Membuat rencana liburan

Sebaiknya Anda membuat rencana liburan yang jelas dan pasti. Tentukan tujuan liburan akhir tahun Anda, misalnya mau liburan di dalam negeri atau ke luar negeri karena kedua tujuan liburan ini memiliki budget berbeda. Setelah itu, buat daftar destinasi wisata yang akan dikunjungi agar tidak menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk mencari tempat tujuan yang tidak jelas. Pastikan itinerary yang Anda buat tidak terlalu padat agar tetap bisa menikmati waktu bersantai.

 

2. Mencari promo

Dengan mencari tiket promo murah, tentu akan sangat menghemat budget liburan akhir tahun Anda.. Jika Anda mencarinya di website travel, jangan malas untuk membandingkan harga di tiap website travel agar mendapatkan harga lebih murah. Jangan pernah mencari promo mendekati tanggal berangkat liburan karena hasilnya pasti nihil.

 

3. Memilih liburan sederhana

Siapa bilang liburan harus selalu mewah? Untuk memperketat pengeluaran anggaran liburan, lebih baik Anda memilih liburan sederhana. Seperti memilih menjelajahi kekayaan dan keindahan alam Indonesia yang semuanya belum Anda jelajahi. Jadi, pilih liburan di dalam negeri. Perbandingan budget liburan akhir tahun di dalam negeri lebih kecil daripada ke luar negeri karena tak perlu repot menyiapkan visa, paspor dan kelengkapan lainnya.

 

4. Membuat anggaran liburan

Nah, jika 3 cara di atas sudah Anda lakukan, saatnya membuat anggaran. Anda harus cermat membuat daftar anggaran untuk semua kebutuhan saat liburan. Mulai dari transportasi, tempat menginap, penyewaan kendaraan, estimasi biaya membeli oleh-oleh, biaya mengunjungi tempat-tempat wisata, uang tip dan juga biaya tak terduga yang wajib dipersiapkan. Dengan begitu, Anda bisa melihat total budget yang akan dikeluarkan untuk liburan akhir tahun.

 

Jika masih merasa over budget, maka yang harus Anda cermati adalah mengurangi tempat destinasi yang Anda lakukan, batasi belanja oleh-oleh dan cari penyewaan kendaraan yang murah. Dan yang paling penting adalah selalu sediakan TOTAL 8+ dimanapun Anda berada.