Tips Memilih Sepatu Hiking Untuk Pemula
20 March 2018
Hidup Seimbangku
Share

Tips Memilih Sepatu Hiking Untuk Pemula

            Bagi Anda mendaki pemula, pasti kebingungan saat akan membeli sepatu hiking. Bingung memilih spesifikasi mana yang sesuai untuk kenyamanan Anda saat mendaki gunung. Ada beragam jenis merek sepatu hiking dengan harga yang beragam juga.

            Sepatu hiking yang ideal memiliki penyerapan yang tidak menghambat pergerakan alami kaki. Jika Anda menemukan sepatu hiking bukan berbentuk boots, pastikan bagian tumit lebih rendah jika dibandingan dengan sepatu lari, dan pastikan ukuran sepatu pas dengan kaki. Jangan sampai ada bagian kaki yang keluar dari sepatu.

            Pada bagian ujung sepatu, pastikan terdapat ruang yang cukup luas untuk jari-jari Anda bergerak secara alami. Jangan sampai sepatu terlalu kecil atau bahkan terlalu besar. Sepatu dengan bagian ujungnya sempit akan menyebabkan lecet pada jari dan kaki Anda. Jika sudah lecet, perjalanan hiking Anda sudah pasti akan sangat terganggu dan tidak nyaman.

            Pastikan juga pada bagian pergelangan kaki juga bisa bergerak dengan nyaman. Jika tidak, pergerakan kaki Anda akan terhambat, atau bahkan bisa menjadi penyebab kaki terkilir dan cedera. Sol sepatu juga harus fleksibel, karena sebagian besar trek yang dilalui memiliki sudut kemiringan 45 derajat.   

            Hal penting lain yang harus Anda perhatikan saat memilih sepatu hiking adalah

  • Siang hari merupakan waktu yang tepat untuk memilih sepatu, karena ukuran kaki saat siang hari sudah stabil untuk menentukan kenyamanan sepatu.
  • Pastikan Anda mencoba sepatu. Gunakannya sambil berjalan, pastikan Anda nyaman menggunakannya, walaupun tidak dengan ukuran yang sama dengan jenis sepatu Anda lainnya.
  • Sisakan ruang sebesar ibu jari antara sepatu dan kaki. Ini bertujuan agar tetap terjaganya sirkulasi kaki dan mencegahnya dari lecet.
  • Coba gunakan sepatu menggunakan kaus kaki. Pastikan Anda nyaman.

 

Baca juga: Berikut ini adalah Olahraga Yang Sesuai Menurut Zodiakmu

Lakukan Olahraga Ini Untuk Usir Rasa Cemas