Tetap Bisa Membentuk Otot Di Bulan Ramadan
04 June 2015
Hidup Seimbangku
Share

Tetap Bisa Membentuk Otot Di Bulan Ramadan

Di bulan puasa ini, kamu yang terbiasa mengolah otot tubuh akan mencari waktu yang tepat agar tetap bisa melakukan latihan demi membentuk otot yang kuat. Tapi, bagaimana bisa melakukan olah fisik sedangkan badan lebih sering merasa lemas karena seharian berpuasa?

Semua masalah tersebut sebenarnya tetap bisa diatasi, tapi dari dalam diri kamu harus muncul niat dan dorongan yang kuat terlebih dahulu sebelum menjalankan kegiatan ini. Kuncinya adalah konsistensi. Jika kamu bisa terus melakukan olah fisik untuk mendapatkan otot yang diinginkan, maka kamu tak perlu khawatir jika melakukan semuanya saat sedang sambil berpuasa.

Jika kamu tak bisa melakukan olah fisik yang berat saat sedang berpuasa, tak apa. Karena pada dasarnya yang terpenting adalah kegiatan ini dilakukan dengan rutin dan berkala. Asupan nutrisi dan pola makan yang baik juga menjadi hal pendukung yang membantumu membentuk otot. Seimbangkan makananmu pada saat sahur dengan sedikit lemak sehat, protein, dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks dapat menekan rasa laparmu lebih lama karena lamban dicerna, sehingga kamu tak cepat lemas dan merasa lapar di siang hari, dan energimu akan tahan lama selama seharian. Protein akan membuat massa ototmu bertambah, sehingga jika kekurangan protein, maka massa otot kita pun juga bisa berkurang. Apalagi jika tidak diimbangi dengan berolahraga.

Kemudian saat malam hari setelah shalat tarawih adalah waktu yang tepat untuk latihan angkat beban. Lakukan ini selama satu jam, dengan berat beban tidak lebih dari tiga set dan pengulangan sebanyak 6-10 kali dengan istirahat satu menit pada setiap pengulangan. Lalu kemudian kamu bisa makan lagi satu porsi sebelum tidur. Tetap makan tiga kali sehari saat sahur, berbuka puasa, dan sebelum tidur adalah pola makan yang cukup baik untuk dilakukan selama bulan puasa. Jangan lupa juga untuk membiasakan diri meminum air putih yang banyak, dan suplemen atau multivitamin jika dibutuhkan sebelum tidur agar keesokan harinya kamu bangun tidur dengan badan yang tetap segar dan semangat untuk beraktivitas.

Aturlah pola latihan (fitness) saat berpuasa dengan baik. Biasanya, kantor-kantor membiakan para karyawannya pulang lebih cepat dari waktu yang biasanya ditentukan selama bulan puasa, sehingga kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk mengolah ototmu, misalnya jogging atau naik sepeda selama satu jam sebelum berbuka puasa. Pola latihan saat berpuasa bertujuan untuk menjaga massa otot tidak menyusut.

Bulan puasa merupakan sebuah kesempatan untuk kalian yang ingin diet, karena tubuh akan membakar lemak untuk menjadikan energi untuk kita melakukan kegiatan di siang hari. Kemudian olahraga adalah kegiatan tambahan yang bisa membuat badan yang ideal menjadi lebih sehat. namun, meskipun harus rutin, kamu perlu membiarkan badanmu beristirahat tanpa latihan otot selama 2-3 hari dalam seminggu.

Latihan fisik untuk membentuk otot sebenarnya tidak sulit kan? Asal kamu niat dan konsisten, kamu akan memiliki tubuh yang sehat dan otot yang kuat dengan melakukan latihan ini terus meskipun sudah lewat dari bulan puasa. Karena tubuh yang sehat perlu olahraga yang dilakukan terus menerus, bukan hanya saat puasa saja. Siap untuk merencanakan hidup yang lebih sehat?

Tags otot ramadan