Simple Trik Kurangi Bunion
04 May 2018
Hidup Seimbangku
Share

Simple Trik Kurangi Bunion

            Benjolan pada tulang persendian bagian bawah ibu jari kaki atau yang dikenal dengan Bunion tentunya sangat mengganggu. Bunion terbentuk karena seringnya menggunakan sepatu yang terlalu sempit, high heels atau sandal jepit.

            Nyeri pada kaki atau kesulitan memilih sepatu untuk digunakan merupakan beberapa kerugian yang dialami jika memiliki bunion.

            Jika Anda memiliki bunion, jangan sedih dulu. Walaupun bunion tidak bisa dihilangkan, tapi bisa dikurangi dengan beberapa cara tanpa operasi untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada kaki, serta meningkatkan flesibilitas Anda dalam beraktifitas.

            Cara yang dilakukan yakni berupa latihan fisik pada kaki. Latihan yang dilakukan pada telapak dan ujung kaki untuk mengurangi bunion juga dapat membantu menjaga persendian antara ibu jari dan jari lainnya, menjaga fleksibilitas kaki, serta memperkuat otot kaki.

            Beberapa latihan fisik yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi bunion pada kaki, yakni:

  • Membentangkan ujung kaki. Peregangan jari kaki akan menjaganya tetap lentur dan mengimbangi rasa sakit pada kaki. Cukup arahkan jari lurus ke depan selama 5 detik, kemudian tekuk ke bawah selama 5 detik. Ulangi peregangan ini sebanyak 10 kali.
  • Meregangkan dan menekan ujung kaki. Tekan jari kaki pada permukaan yang keras, seperti dinding, kemudian lenturkan dan regangkan, tahan masing-masing posisi selama 10 detik, ulangi 3 – 4 kali. Kemudian lenturkan jari kaki ke arah yang berlawanan, tahan posisi ini selama 10 detik, ulangi sebanyak 3 – 4 kali.
  • Peregangan ibu jari kaki. Menggunakan jari tangan, Tarik ujung ibu jari kaki dengan lembut, tahan selama 10 detik, ulangi sebanyak 3 – 4 kali.
  • Letakkan bola di lantai, kemudian injak dengan terus menggerakkannya maju mundur selama 2 menit. Cara ini dapat membantu meredakan ketegangan dan kram pada kaki.
  • Memindahkan barang kecil menggunakan jari kaki, caranya cukup menjepitkan barang tersebut menggunakan jari kaki. Cara ini juga dapat menjaga kelenturan kaki.
  • Berjalan di atas pasir dapat memberikan pijatan lembut pada kaki, dan juga dapat membantu menguatkan jari kaki. Ini sangat berguna bagi Anda yang menderita bunion.

 

           Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan latihan fisik tersebut setiap hari pada pagi dan malam hari.

 

Baca juga: Resiko Menggunakan High Heels Terlalu Lama 

Kaus Kaki Menurunkan Risiko Kaki Terinfeksi Jamur?

Tags