SEKILAS TENTANG VINYASA YOGA
13 December 2018
Hidup Seimbangku
Share

SEKILAS TENTANG VINYASA YOGA

            Yoga Vinyasa melibatkan tubuh untuk masuk ke berbagai pose yang lebih spesifik, transisi dari satu pose ke pose lain tanpa atau dengan istirahat. Latihan pernapasan yang tepat, sangat penting ketika melakukan berbagai pose saat berlatih yoga Vinyasa.

            Istilah Vinyasa berasal dari kata Vi dan Nyasa yang berarti, 'untuk menempatkan dengan cara khusus'. Pose yoga ini melibatkan tubuh untuk melakukan berbagai pose tertentu, yang disinkronkan dengan pernapasan.

 

Baca juga: Beragam Manfaat Yoga yang Bisa Anda Dapatkan

 

            Napas menjadi ‘benang’ penghubung antara satu pose dengan pose berikutnya. Inilah yang menjadikan yoga Vinyasa dikenal juga sebagai 'flow yoga'. Napas Ujjayi dipraktekkan saat melakukan yoga Vinyasa. Caranya dengan memasukkan udara ke dalam perut, kemudian keluarkan udara tersebut, dengan merasakannya melewati tulang rusuk, dada hingga tenggorokan. Bentuk teknik pernapasan ini akan selalu dipraktikkan saat melakukan yoga Vinyasa.

 

Baca juga: GERAKAN YOGA YANG BISA KAMU LAKUKAN DI KURSI

 

            Vinyasa yoga merupakan bentuk latihan yoga yang cukup dinamis, membuatnya menghasilkan panas dalam tubuh. Vinyasa yoga sangat baik untuk memperkuat tubuh, fleksibilitas, menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme dan mendapatkan otot. Urutan pose latihan Vinyasa yang ideal, biasanya akan dibuat khusus oleh seorang instruktur yoga.

 

Baca juga: BUAT WAJAH LEBIH KENCANG DENGAN FACIAL YOGA