Sarapan Terbaik untuk Pelari
11 July 2018
Hidup Seimbangku
Share

Sarapan Terbaik untuk Pelari

            Sarapan menjadi bagian penting untuk memulai hari. Sama halnya seperti lainnya, seorang pelari juga harus mendapatkan sarapan yang berkualitas. Berikut ini ada beberapa ide sarapan terbaik untuk pelari yang bisa dipilih.

 

Muffin kacang

            Zat besi harus menjadi salah satu nutrisi penting yang dikonsumsi oleh pelari, karena dapat membantu memproduksi sel darah merah, yang akan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika jumlah oksigen tidak tersalurkan secara optimal ke seluruh tubuh, maka seorang pelari akan mudah lesu dan lemas. Kacang menjadi salah satu sumber zat besi yang bisa Anda pilih sebagai sarapan seorang pelari. Kacang yang dipilih bisa kacang almond, kacang pecan ataupun kacang kenari.

 

Salmon asap dan telur orak-arik

Kandungan protein dari ikan salmon dan telur dapat membantu memperbaiki otot setelah berlari. Jika seorang pelari memiliki berat badan 60 kg, maka kebutuhan protein yang dibutuhkan sebanyak 60-72 gram. Dengan jumlah protein tersebut, bisa didapatkan dari mengonsumsi 110 gram salmon asap dan satu buah telur sebagai sarapan.

 

Bubur pisang

            Bubur pisang tidak hanya terdiri dari pisang yang dihaluskan, melainkan bubur oat yang diberi potongan pisang. Oat menjadi makanan dengan indeks glikemik rendah, yang berarti dapat memberikan asupan energi dalam jangka panjang. Selain itu, pisang sangat tinggi akan kandungan potasium, yakni mineral yang dapat menggantikan kandungan mineral tubuh yang hilang bersama keringat.

 

Smoothie stroberi

            Stoberi kaya akan sumber vitamin C yang dapat membantu mencegah infeksi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi yang dilakukan oleh Technical University of Munich di Jerman menemukan bahwa pelari yang mengonsumsi vitamin C kurang dari 50 mg per hari memiliki risiko terkena infeksi saluran pernapasan atas.

 

Greek yogurt, gandum dan ceri

            Greek yogurt tinggi akan kalsium yang sangat penting bagi kesehatan tulang, jantung dan sistem pencernaan. Gandum dapat memberikan asupan karbohidrat bagi tubuh. Sedangkan, ceri dapat mengurangi kerusakan otot dan membantu pemulihan setelah berlari.

 

Baca juga: Hal Yang Perlu Diketahui Seorang Pelari Pemula 

PULIHKAN OTOT SETELAH BERLARI DENGAN YOGA ROGA