REDAM NYERI DAN SAKIT SETELAH OLAHRAGA BERAT DENGAN MANDI AIR ES
21 September 2018
Hidup Seimbangku
Share

REDAM NYERI DAN SAKIT SETELAH OLAHRAGA BERAT DENGAN MANDI AIR ES

            Setelah berolahraga atau melakukan latihan berat, beberapa bagian tubuh bisa saja mengalami cedera atau merasakan sakit. Air mandi yang ditambah dengan es batu atau mengompres bagian tubuh yang sakit dengan es batu seringkali menjadi pilihan. Namun, adakah pengaruhnya terhadap rasa sakit?

           Lev Kalika, DC, direktur klinis New York Dynamic Neuromuscular Rehabilitasi & Terapi Fisik, mengatakan mengatakan bahwa kemampuan mandi es untuk menurunkan suhu tubuh yang terlalu tinggi setelah berolahraga dapat sangat bermanfaat bagi tubuh. Sementara tubuh mengatur dan menurunkan suhu tubuh dengan sendirinya, mandi atau berendam menggunakan es membantu menurunkan suhu tubuh lebih cepat.

            Mandi atau berendam menggunakan air dingin atau air es dipercaya dapat mengurangi peradangan, sehingga dapat mengurangi nyeri otot dan kelelahan. Secara teori, cara ini akan mencegah mengalirnya darah ke otot-otot untuk mengurangi respon inflamasi sel-sel otot, pembengkakan dan tekanan pada reseptor nyeri yang berpotensi mencegah kelelahan, nyeri otot dan cedera olahraga.

            Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Temperature pada tahun 2017 menemukan bahwa teknik pasca-pendinginan seperti mandi es efektif dalam menurunkan subjektif, seperti tertundanya nyeri otot setelah berolahraga. Jika Anda ingin mencoba mandi atau berendam menggunakan air es setelah berolahraga boleh-boleh saja. Asal tidak terlalu lama dan terlalu banyak menggunakan es batu.

            Michael Jonesco, D.O., dokter kedokteran olahraga di The Ohio State University Wexner Medical Center, menyarankan bagi Anda yang baru saja berolahraga keras, seperti lari marathon, sebaiknya segera untuk merendam sebagian tubuh dari pinggul ke bawah dengan air bersuhu 10 derajat Celcius maksimal selama 10 menit. Suhu tersebut telah dikaitkan dengan beberapa studi yang bermanfaat membantu pemulihan pasca berolahraga.

            Tambah Jonesco, terlalu lama merendam tubuh dalam air es dapat memperlambat aliran darah ke bagian tubuh yang direndam, serta menyebabkan Anda mendapatkan lebih sedikit keuntungan untuk menghilangkan rasa sakit dan berpotensi memperpanjang pemulihan neuromuscular.

 

Baca juga: Pilihan Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga 

Kafein Penyebab Nyeri di Dada??