Pilihan Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga
15 May 2018
Hidup Seimbangku
Share

Pilihan Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga

            Sebagian besar dari kita mungkin terkadang bingung memilih waktu yang tepat untuk berolahraga. Ingin berolahraga di pagi hari, tapi rasa malas terlalu besar, jadi memutuskan untuk menundanya pada sore atau malam hari. Namun, sebenarnya kapan, ya, waktu yang tepat untuk berolahraga?

            Baik pagi maupun malam hari menjadi waktu yang tepat untuk berolahraga. Permasalahannya adalah bukan terletak pada waktu untuk berolahraga. Namun, kapan kah Anda bisa melakukan olahraga tersebut dengan rutin.

            Bila Anda bisa melakukan olahraga dengan rutin di pagi hari, maka lakukanlah. Tapi jika Anda lebih bisa melakukannya pada sore atau malam hari, tidak ada salahnya.

            Olahraga bukan tentang masalah waktu yang dipilih untuk berolahraga. Namun, komitmen Anda untuk rutin melakukannya untuk mendapatkan manfaat baik dari berolahraga. Selain itu, setiap orang memiliki siklus tubuh yang berbeda-beda, yang dapat berkaitan dengan waktu untuk berolahraga.

            Mungkin Anda pernah melihat orang lain berolahraga pada pagi hari, sementara yang lainnya olahraga pada sore atau malam hari. Hal tersebut berkaitan dengan jam internal tubuh atau ritme sirkadian yang berbeda-beda pada tiap orang.

            Ritme sirkadian adalah siklus tidur dan bangun setiap harinya. Siklus inilah yang mengatur perubahan fisik, mental dan perilaku seseorang dalam periode 24 jam. Suhu tubuh, tekanan darah dan metabolisme adalah beberapa proses fisiologis yang dapat dipengaruhi oleh ritme sirkadian.

            Perubahan lingkungan dapat memiliki efek pada ritme sirkadian meliputi cahaya, suhu, penggunaan jam alarm untuk bangun, waktu makan dan waktu kerja. Semua hal tersebut bisa menjadi pengaturan Anda terhadap penentu waktu yang tepat untuk berolahraga.

            Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga di pagi hari cenderung lebih konsisten dengan rutinitas olahraga yang mereka lakukan. Mereka akan cenderung lebih memilih menyelesaikan kegiatan berolahraga sebelum melakukan aktifitas lainnya.

            Orang yang berolahraga di pagi hari juga biasanya lebih bisa mengatur waktu dengan lebih baik, serta merasa lebih berenergi sepanjang hari. Beberapa orang mengalami kesulitan berolahraga di pagi hari, karena merasakan pusing dan kelelahan, yang disebabkan oleh perut kosong saat berolahraga. Oleh karena itu, sebaiknya makanlah sedikit sesaat sebelum olahraga, paling tidak satu buah pisang atau segelas yogurt rendah lemak.

            Namun jika Anda merupakan orang yang lebih senang beraktifitas di malam hari, olahraga dapat membantu Anda lebih produktif dan meringankan sebagian tekanan yang sudah dialami hari ini.

            Sekali lagi, baik pagi maupun malam hari waktu yang Anda pilih untuk berolahraga, yang perlu diperhatikan adalah konsistensi Anda terhadap komitmen untuk berolahraga.

 

Baca juga: Haruskah Tetap Berolahraga Saat Sakit 

Olahraga Memiliki Beragam Manfaat Bagi Kecantikan

Tags olahraga