Pilihan Olahraga Tepat Untuk Usia 40 Ke Atas
06 March 2018
Hidup Seimbangku
Share

Pilihan Olahraga Tepat Untuk Usia 40 Ke Atas

            Seiring bertambahnya usia seseorang, beriringan juga dengan kemampuan tubuh yang semakin menurun. Satu per satu gejala penyakit mulai dirasakan. Untuk menghindari berbagai penyakit tersebut, tidak ada salahnya untuk tetap melakukan kegiatan olahraga setiap harinya. Nah, berikut ini ada beberapa pilihan olahraga tepat untuk Anda yang berusia 40 tahun ke atas:

 

Mengangkat beban ringan

            Beban ringan yang digunakan bisa berupa sebotol air, sekaleng minuman kaleng atau barbel 3 kg. Gerakan yang dilakukan bisa berupa gerakan ringan, misalnya mengangkat beban hingga tubuh seperti huruf T, O dan Y. Gerakan ini sangat baik untuk melatih punggung, bahu dan lengan, sehingga menguatkan otot dibagian punggung atas dan bahu.

 

Berjalan mundur

            Gerakan berjalan mundur selama beberapa menit yang rutin Anda lakukan akan memberikan dampak yang cukup besar. Selain dapat menjaga keseimbangan tubuh, berjalan mundur juga dapat melatih dua otot utama pada betis.

 

Berjalan

            Lakukan kegiatan berjalan seperti biasanya, selama 40 menit dengan kecepatan yang konstan. Berjalan dapat membakar kalori sebanyak 160 kcal, sama dengan Anda berlari sejauh 5 km.

 

Squat satu kaki

            Satu kaki diposisikan seperti squat dan satu kaki lainnya diluruskan ke bagian depan hingga 90 derajat. Gerakan ini dapat membantu menjaga keseimbangan di bagian pinggul dan bahu. Selain itu, dapat juga menjaga kekuatan pada kaki.

 

Yoga

            Latihan fisik pada yoga dapat membantu mempertahankan kekuatan dan keseimbangan tubuh. Selain itu, kegiatan meditasi saat yoga juga dapat membantu menurunkan stress dan menjaga keseimbangan pernapasan.

 

Baca juga: Bercinta Terasa Paling Nikmat di Usia 40-an

8 TANDA-TANDA WANITA MEMASUKI MASA MENOPAUSE

Tags yoga