Peregangan yang Tepat untuk Pelari
19 September 2018
Hidup Seimbangku
Share

Peregangan yang Tepat untuk Pelari

            Peregangan menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan sebelum berolahraga, termasuk berlari. Jika Anda melewatkan peregangan, risiko terkena cedera akan semakin besar. Peregangan juga harus dilakukan dengan benar.

            Bagi pelari, terdapat dua jenis peregangan utama, yakni peregangan dinamis dan statis. Peregangan dinamis melibatkan gerakan untuk menghangatkan otot utama, serta mengirim sinyal ke tubuh akan ada aktivitas intens yang berjalan. Sedangkan, peregangan statis sering digunakan sebagai bagian dari pendinginan. Peregangan statis tidak melibatkan gerakan apapun, yang bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas dan mencegah rasa sakit atau cedera.

            Sebelum melakukan peregangan, terdapat lima teknik utama untuk peregangan, yakni:

  1. Peregangan perlu dilakukan secara bertahap, untuk hasil yang maksimal peregangan harus dilakukan selama sekitar 30 detik.
  2. Jangan 'terpental' saat melakukan peregangan. Ini merupakan kesalahan yang mudah untuk dilakukan dan dapat menyebabkan otot tertarik atau robek.
  3. Jangan lupa berkonsentrasi pada pernapasan saat melakukan peregangan dan saat menghembuskan napas.
  4. Untuk menghindari cedera, jangan lakukan peregangan jika Anda mengalami ketidaknyamanan atau kekencangan otot.
  5. Jangan pernah meregangkan otot 'dingin'. Jika ingin melakukan peregangan sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu selama 10 menit.

 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini terdapat beberapa cara peregangan yang bisa Anda lakukan.

  • Sandarkan kedua tangan di dinding dan angkat satu kaki. Tetap lurus. Ulangi hal yang sama dengan kaki lainnya.
  • Berbaringlah. Angkat satu kaki sejajar dengan pinggul, tahan di bagian paha belakang. Ulangi hal yang sama dengan kaki lainnya.
  • Berdiri dengan satu kaki ditarik ke belakang. Tahan pada bagian ujung kaki. Ulangi hal yang sama dengan kaki lainnya. Pada pemanasan kali ini, pastikan tubuh dalam kondisi tetap tegak.
  • Duduklah dengan punggung menghadap ke dinding. Pastikan posisi punggung sedekat mungkin dengan dinding. Posisikan kedua kaki seperti bersila, hanya saja kedua bagian telapak kaki saling bertemu.
  • Tarik satu tangan ke belakang. Posisikan sejajar dengan kepala. Tahan bagian siku menggunakan tangan lainnya selama 20-30 detik. Ulangi hal yang sama dengan tangan lainnya.

 

Baca juga: TEKNIK PEREGANGAN KAKI TERBAIK UNTUK PELARI 

Sarapan Terbaik untuk Pelari