Olahraga Sebelum Tidur Bantu Tidur Semakin Nyenyak
26 April 2016
Hidup Seimbangku
Share

Olahraga Sebelum Tidur Bantu Tidur Semakin Nyenyak

Tidak semua orang dapat tidur nyenyak dengan mudah, apalagi jika sedang banyak pikiran dan stress menghampiri. Tidur nyenyak jadi impian buat orang-orang yang susah tidur, bukan mereka tidak ingin tidur nyenyak tapi memang sulit bahkan tidak jarang yang mengalami insomnia.
Untuk membuat tidur nyenyak itu bisa diakali dengan beberapa cara seperti: minum susu hangat, mandi sebelum tidur dan olahraga sebelum tidur. Mungkin banyak yang berpikir, ah masa sebelum tidur olahraga dulu? Nanti kecapean dan malah susah tidur dong? Oh tentu saja tidak Ladies. Olahraga sebelum tidur itu baik bagi yang ingin mendapat tidur nyenyak dan berkualitas. Berikut manfaat dan jenis olahraga yang baik dilakukan sebelum tidur.


Manfaat Olahraga Sebelum Tidur
Ladies yang memiliki aktivitas sibuk di siang hari, maka olahraga malam hari akan memberi manfaat lebih bagi tubuh. Tidur menjadi nyenyak karena sebelum tidur akan menstimulasi detak jantung, otak dan otot. Sehingga saat tiba waktunya tidur, tubuh akan melalui proses recovery dan kamu bisa tidur lebih nyenyak. Selain itu juga pada saat bangun di pagi hari, tubuh akan terasa jauh lebih fit. Hal ini dibuktikan oleh national sleep foundation di Amerika yang yang melakukan sebuah studi mengenai kualitas tidur 83 orang yang melakukan olahraga di malam hari. Setelah berolahraga tubuh siap untuk beristirahat dan melakukan aktivitas kembali esok hari.


Tips Olaharaga Malam Hari
Untuk Ladies yang tertarik melakukan olahraga malam hari agar tidur nyenyak, ada beberapa tips-tips yang baik saat olahraga malam hari: 
-    Olahraga dimalam hari baiknya di indoor, karena udara malam tidak baik bagi kesehatan dan kabondioksida pada malam hari jauh lebih tinggi daripada siang hari.
-    Pada awal-awal melakukan olahraga malam akan terasa lelah karena belum terbiasa, maka sebaiknya pilih olahraga ringan terlebih dahulu agar terbiasa.
-    Biasakan selalu melakukan pemanasan dan pendinginan saat olahraga
-    Janngan langsung mandi ketika selesai olahraga, apalagi saat masih berkeringat. Pastikan tubuh benar-benar dingin.
-    Jangan langsung tidur setelah olahraga malam, tunggu sekitar 1-2 jam.


Jenis Olahraga Malam Hari
Ada banyak jenis olahraga pada malam hari yang dapat anda lakukan berikut adalah diantaranya.
-    Senam aerobik
-    Basket
-    Bulu Tangkis
-    Futsal
-    Fitness
-    Bilyard.
-    dll

Baca juga: Rahasia Workout Victoria's Secret Model Sebelum Fashion Show


Olahraga jadi faktor penting dalam hidup sehat, bukan membantu untuk tidur nyenyak saja tapi juga untuk kesehatan dan kebugaran badan.  Namun bukan berarti kamu harus memaksa tubuh untuk olahraga setiap malam, sesuaikan porsinya dengan kondisi tubuh ya Ladies.