Olahraga Memiliki Beragam Manfaat Bagi Kecantikan
20 April 2018
Hidup Seimbangku
Share

Olahraga Memiliki Beragam Manfaat Bagi Kecantikan

            Kebanyakan orang yang berolahraga beralasan untuk menjaga kesehatan atau ingin menurunkan berat badan. Padahal olahraga memiliki beragam manfaat lain bagi tubuh, salah satunya terhadap kecantikan.

            Berikut ini terdapat uraian mengenai beberapa manfaat olahraga bagi kecantikan dan masalah kecantikan yang biasa dicegah jika Anda rajin berolahraga:

 

Mencerahkan kulit

            Olahraga aerobik dapat membantu Anda memompa jantung, sehingga kandungan oksigen pada darah dapat secara maksimal beredar dalam pembuluh darah, yang berdampak baik bagi kesehatan kulit, sehingga membuatnya tampak lebih bercahaya.

 

Mengurangi kerut

            Berolahraga dapat membantu menjaga kadar hormon kortisol yang berhubungan dengan stres. Kadar hormon kortisol yang meningkat dapat juga meningkatkan produksi sebum pada kulit, sehingga akan menimbulkan jerawat jika sebum terkontaminasi dengan bakteri. Terlalu banyak kortisol pada kulit juga dapat menyebabkan kolagen pada kulit terurai, sehingga membuat kulit menjadi keriput dan kendur. Selain dapat menjaga kadar hormon kortisol, dengan berolahraga Anda dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit, sehingga menjaga kulit tetap kencang, lentur dan elastis.

 

Meminimalisir timbulnya jerawat

            Sirkulasi darah yang membawa oksigen dan nutrisi bagi kulit meningkat jika berolahraga. Sirkulasi darah yang baik juga dapat membawa racun keluar dari dalam tubuh, dengan cara berkeringat. Berkeringat juga dapat membersihkan pori-pori kulit bersih dari kotoran dan bakteri yang dapat menimbulkan jerawat.

            Untuk meminimalisir timbulnya jerawat secara maksimal, pastikan Anda tidak berolahraga dengan wajah full make up. Make up hanya akan menyumbat keringat yang akan keluar dari pori-pori dan justru memicu timbulnya jerawat. Selain itu, jangan lupa gunakan handuk olahraga yang kering dan bersih untuk menyerap keringat setelah berolahraga.

 

Rambut lebih sehat

            Aliran darah yang lancar karena berolahraga dapat membantu menjaga rambut lebih kuat dan lebih sehat. Aliran darah ke kepala mengandung sejumlah nutrisi dan oksigen yang dapat merangsang folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut.

            Olahraga juga dapat meredakan stres yang menjadi salah satu penyebab rontoknya rambut. Rendahnya tingkat stres akan membuat rambut tidak mudah rapuh dan rontok.

 

            Untuk mendapatkan manfaat kecantikan dari berolahraga, Amy Dixon, seorang ahli fisiologi olahraga dan pelatih olahraga selebriti di Los Angeles, Amerika Serikat menyarankan untuk berolahraga paling tidak tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

            Dixon juga mengatakan bahwa olahraga apapun bisa Anda pilih. Asalkan olahraga tersebut dapat membantu Anda memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh dan mengurangi stres.

 

Baca juga: Jumlah Asupan Karbohidrat dan Lemak yang Tepat untuk Pegiat Olahraga 

Langkah Buat Vagina Lebih Kencang Dengan Senam Kegel?