OLAHRAGA BISA BANTU MEMPERBAIKI DAN MENJAGA KESEHATAN MENTALMU, LOH!
11 December 2019
Hidup Seimbangku
Share

OLAHRAGA BISA BANTU MEMPERBAIKI DAN MENJAGA KESEHATAN MENTALMU, LOH!

            Bukan cuma kesehatan fisik saja yang penting. Kamu juga harus memperhatikan kesehatan mentalmu. Kesehatan mental? ya, tanpa kamu sadari, kesehatan mentalmu bisa saja terganggu. Stress, depresi, mudah panik hingga gangguan kecemasan jadi beberapa kondisi yang menyatakan kesehatan mentalmu sedang tidak sehat.

            Salah satu cara menjaga kesehatan mental adalah dengan latihan olahraga. Penelitian menemukan bahwa peserta yang dilatih selama tiga sesi atau lebih, yang masing-masing durasi latihannya selama 45-60 menit, memiliki peningkatan positif terhadap gangguan kesehatan mental yang dialami.

            Lari bisa jadi salah satu olahraga yang bisa kamu terapkan. Ketika berlari, tubuh akan melepaskan hormon enkephalin dan endorfin, yang dapat meningkatkan suasana hati dan menghilangkan stres.

            Gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas juga merupakan salah satu masalah kesehatan mental. Rutinnya berolahraga dapat meningkatkan neurotransmiter di otak, seperti serotonin, dopamine dan norepinefrin, yang berpengaruh terhadap gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. Semakin kamu sering berolahraga, maka makin meningkat kadar neurotransmitter, sehingga dapat membantu mengurangi gejala kesehatan mental tersebut.

            Dalam satu penelitian yang diterbitkan di jurnal Psychology of Sport and Exercise, para peneliti menemukan bahwa perasaan kesejahteraan dan kepercayaan diri meningkat setelah olahraga selama 30 menit. Selanjutnya akan memberikan dampak yang lebih jauh ketika rutin olahraga selama beberapa minggu.

Tags