OLAHRAGA AEROBIK DAN ANAEROBIK, MANA YANG LEBIH COCOK UNTUKMU?
29 October 2019
Hidup Seimbangku
Share

OLAHRAGA AEROBIK DAN ANAEROBIK, MANA YANG LEBIH COCOK UNTUKMU?

            Tubuh yang bugar tentu didambakan setiap orang. Olahraga jadi salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap bugar, selain pola makan dan gaya hidup sehat. Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan. Beberapa di antaranya, yakni aerobik dan anaerobik.

            Olahraga aerobik merupakan olahraga yang memerlukan banyak oksigen, serta melibatkan banyak otot besar. Olahraga ini dilakukan dengan intensitas rendah, namun dalam waktu yang cukup lama. Sedangkan, olahraga anaerobik tidak menggunakan oksigen dalam proses pembentukan energi, karena olahraga ini bertujuan untuk menguatkan otot, bukan membentuk otot.

            Glikogen atau gula dalam otot menjadi ‘bahan bakar’ utama ketika melakukan olahraga anaerobik. Ketika anaerobik sedang berlangsung, tubuh akan menghasilkan asam laktat dalam jumlah yang cukup tinggi. Terlalu tinggi asam laktat yang dihasilkan, maka akan menyebabkan kram otot dan kelelahan yang berlebih. Oleh karena itu, waktu yang dibutuhkan untuk anaerobik cenderung cukup singkat.

            Jenis olahraga aerobik yang bisa kamu pilih, yakni jalan santai, berenang, dansa dan bersepeda. Sedangkan beberapa jenis olahraga anaerobik, yakni mengangkat beban dan lari sprint.

Cleveland Clinic menganjurkan untuk olahraga aerobik dengan intensitas sedang dilakukan selama 30 menit setiap hari. Sedangkan, untuk olahraga anaerobik Cleveland Clinic menganjurkan untuk melakukan setidaknya 1 – 2 kali seminggu.

            Bingung menentukan jenis olahraga mana yang tepat untukmu? Pertama-tama, pastikan tujuan dan target utama yang ingin kamu capai. Kalau mau menurunkan berat badan, sebaiknya pilih olahraga aerobik, tapi kalau kamu mau menjaga berat badan dan ingin meningkatkan kekuatan otot, pilih olaharaga anaerobik.

            Sudah tahu, kan, olahraga mana yang terbaik untukmu? Nah, setelah itu lakukan setiap gerakannya dengan benar, ya. Dan, supaya hasilnya makin maksimal, kalori yang terbakar jadi lebih banyak, akhiri olahragamu dengan minum TOTAL 8+.

Tags