OLAH TUBUH YANG BISA KAMU LAKUKAN UNTUK MENGHILANGKAN KEMBUNG
02 January 2019
Hidup Seimbangku
Share

OLAH TUBUH YANG BISA KAMU LAKUKAN UNTUK MENGHILANGKAN KEMBUNG

            Kamu pasti tidak akan merasa nyaman ketika perut mengalami kembung dan masalah pada lambung. Tidak hanya tidak nyaman, kembung yang terus-menerus dirasakan, lama-kelamaan akan memicu timbulnya berbagai masalah pada pencernaanmu.

            Banyak faktor yang memicu timbulnya kembung dan masalah pada lambung, mulai dari mengonsumsi makanan yang terkontaminasi, stres dan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Terkadang, bakteri usus yang tidak dapat memecah makanan dengan benar, juga dapat memicu timbulnya masalah lambung.

            Yoga telah lama disebut-sebut sebagai salah satu cara terbaik untuk meredakan, bahkan mencegah timbulnya masalah pada kesehatan, termasuk kembung dan masalah pada lambung. Asana seperti vajrasana, bila dilakukan secara teratur setelah makan dapat memicu aktifnya sistem pencernaan, baik secara perlahan maupun menjadi lebih kuat.

            Untuk kembung dan masalah pada lambung, Ahli Yoga Yogacharya Anoop dari Yayasan Chaitanya menyebutkan manfaat Pawanmuktasana yang secara khusus bermanfaat dalam mengurangi masalah kembung dan lambung. Beliau mengatakan bahwa, pada dasarnya setiap yoga asana atau latihan yang melibatkan tubuh bagian bawah dan tulang belakang akan membantu mengatasi masalah lambung dan kembung.

            Selain itu, Pawanmuktasana memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti membantu membuat aktivitas usus lebih aktif, membantu hati bekerja lebih baik, serta memperkuat tulang belakang jika digabungkan dengan asana Setubandhasana.

            Pose yang benar untuk asana Pawanmuktasana, yakni dilakukan dengan langkah, seperti:

  1. Berbaring telentang, jagalah agar kaki dan tanganmu lurus sejajar.
  2. Tekuk kedua lutut hingga menyentuh perut. Tahan menggunakan kedua tangan. Pastikan badan tetap dalam kondisi lurus, tidak membungkuk.
  3. Lepaskan kaki kiri dan biarkan menempel dengan lantai. Tahan pose ini selama 30 detik.
  4. Tekuk kembali kaki kiri, tahan. Sekarang, lepaskan kaki kanan dan biarkan menempel dengan lantai. Tahan pose ini selama 30 detik.
  5. Ulangi tiap pose sebanyak tiga kali.

 

            Bagi kamu yang memiliki masalah pada leher atau tulang belakang, sebaiknya hindari untuk melakukan pose ini. Karena, versi lain dari pose ini, mengharuskan kamu menekuk leher ke arah depan, setiap kali lututmu menempel dengan dada.