LATIHAN YANG AKAN KEMBALIKAN BENTUK LENGAN
06 August 2018
Hidup Seimbangku
Share

LATIHAN YANG AKAN KEMBALIKAN BENTUK LENGAN

            Bentuk lengan yang tidak kekar secara tidak langsung dapat menurunkan rasa percaya diri. Kembalikan bentuk lengan yang kekar hanya dengan melakukan latihan selama 30 menit, dan dilakukan sebanyak dua kali seminggu. Latihan tersebut fokus melatih bagian bahu dan lengan.

            Terdapat empat otot yang berbeda pada bahu, yakni otot deltoid anterior, delta delta medial, deltoid posterior dan trapezius. Mike T. Nelson, Ph.D ., ahli fisiologi olahraga dan profesor kinerja manusia di Carrick Institute di St. Paul, Minnesota, Amerika Serikat mengatakan bahwa bahu merupakan salah satu daerah yang paling berotot dan metabolik aktif di tubuh bagian atas.

            Bahu yang dilatih dapat berdampak memperbaiki postur tubuh, mengembalikan bentuk lengan dan membuat lengan Anda terlihat lebih kuat. Beberapa cara melatih bahu yang bisa Anda lakukan di rumah, seperti:

 

Resistance Band Shoulder Rotation

sumber foto: pinterest.com

            Gunakan pita panjang sebagai alat bantu. Pegang masing-masing ujung dari pita tersebut, letakkan pada bagian depan pinggang dengan lebar tangan 15-20 cm lebih lebar dari bahu. Tahan pita dengan posisi tangan lurus dan kencang. Perlahan naikkan pita ke bagian atas tubuh, kemudian turunkan tangan ke bagian belakang tubuh, pastikan keadaan tangan tetap lurus dan kencang. Istirahat, dan lakukan kembali sebanyak 10 – 12 kali.

 

Scapular Wall Slide

sumber foto: pinterest.com

            Berdiri tegak dengan bagian punggung, bokong dan kepala menempel pada dinding. Tempelkan tangan pada dinding dan luruskan ke bagian atas. Secara perlahan, sikukan kedua tangan hingga sejajar dengan bahu. Lakukan berulang sebanyak 10-12 kali.

 

Dumbbell Lateral Shoulder Raise

sumber foto: popsugar.com

            Posisikan tubuh dengan tegak, buka kedua kaki sejajar dengan bahu. Gunakan dumbel sebagai alat bantu dalam latihan kali ini. Gerakkan kedua tangan secara bersamaan ke bagian samping sambil memegang dumbel. Gerakan hingga kedua tangan sejajar dengan bahu. Lakukan sebanyak 3 – 4 set, dengan tiap setnya terdiri dari 10 – 12 kali gerakan. Setiap menyelesaikan satu set, disarankan untuk istirahat terlebih dahulu selama 30 detik.

 

Seated Dumbbell Overhead Press

sumber foto: bretcontreras.com

            Duduk tegak dengan kaki terlipat 90 derajat dan dibuka selebar bahu. Gunakan dumbel sebagai alat bantu. Gerakan dumbel ke atas hingga kedua tangan lurus, kemudian tekukan ke arah samping hingga membentuk siku. Lakukan sebanyak 3 – 4 set, dengan masing-masing set melakukan 6 – 8 gerakan. Istirahatlah selama 90 detik setiap mengakhiri satu set.

 

Dumbbell Standing Rear-Delt Raise

sumber foto: bodybuildingestore.com

            Berdiri dengan posisi kaki terbuka selebar bahu, kemudian bungkukkan tubuh ke arah depan kira-kira 45 derajat. Sambil memegang dumbel, gerakan tangan dari bawah ke samping hingga sejajar dengan bahu. Lakukan sebanyak 3 – 4 set, dengan masing-masing set terdiri dari 10 – 12 gerakan. Istirahat selama 30 detik setiap mengakhiri satu set.

 


Inverted Row

sumber foto: freshfitness.ca

            Berbaringlah dengan kaki sejajar dengan tubuh. Dengan bantuan tiang yang diletakkan secara horizontal, lakukan gerakan seperti push up, namun dilakukan ke bagian atas. Lakukan sebanyak 3 – 4 set, dengan masing-masing set terdiri dari sebanyak mungkin gerakan yang bisa Anda lakukan. Istirahatlah selama 10 detik ditiap akhir set.

 

Baca juga: Cara Mengusir Lemak di Bagian Lengan dengan Cepat 

Cara Alami Untuk Melembutkan Telapak Tangan Kasar