Jangan Salah Pilih! Inilah Perbedaan Sepatu Running, Training dan Casual
10 October 2017
Hidup Seimbangku
Share

Jangan Salah Pilih! Inilah Perbedaan Sepatu Running, Training dan Casual

Sepatu adalah lapik atau pembungkus kaki yang biasanya dibuat dari kulit, karet, dan sebagainya, di mana biasanya bagian telapak serta tumitnya cukup tebal dan keras. Mengenakan sepatu sesuai dengan fungsinya akan membantu kita merasa nyaman selama berolahraga dan terhindar dari risiko cedera.

Pada zaman dahulu, satu sepatu bisa dipakai untuk berbagai kegiatan. Namun kini hampir tiap olahraga atau aktivitas memiliki jenis sepatunya sendiri. Biasanya yang sedikit membingungkan adalah beda antara sepatu lari, training dan casual (santai), karena bentuknya hampir mirip. Selain itu dengan mengetahui fungsi dan kegunaannya, Anda tak salah memilih sepatu yang bisa berujung cedera bila digunakan.

 

1. Training

Sepatu ini digunakan untuk olahraga yang melatih otot-otot di pusat kebugaran, senam atau yoga. Dimana digukanan untuk melompat kiri, kanan dan belakang dan dengan gerakan yang variatif. Sepatu training akan menjaga kaki tetap seimbang karena memiliki grip lebih lengket ke permukaan. Oleh karena itu, semua sepatu training dirancang untuk gerakan segala arah.

 

2. Running

Sepatu running dirancang khusus untuk berlari, lebih lentur dan daya tahan sepatu ini juga lebih kuat. Terdapat beberapa tipe lagi dalam sepatu lari, seperti trail running atau lari di permukaan off road dan marathon running atau lari di permukaan datar seperti aspal. Namun, sepatu lari ini memang didesain untuk satu arah, yaitu ke depan.

 

3. Casual

Sepatu casual memang dirancang untuk santai. Teknologi yang dipakai berbeda dengan sepatu training dan running. Pada sepatu casual, bagian atas (upper) lebih tebal, rigid dan kaku. Selain itu bahan upper lebih beragam, bisa dari kulit dan bahan pendukung lain. Ragam bahan ini karena memang diperuntukkan untuk tampilan, bukan olahraga.

 

Nah Ladies, setelah Anda mengetahui perbedaannya sebaiknya Anda tidak mengenakan sepatu diluar dari kegunaannya untuk menghindari cedera yang bisa Anda alami.