Ini Strategi Tetap Bugar Selama Ramadan
04 June 2015
Hidup Seimbangku
Share

Ini Strategi Tetap Bugar Selama Ramadan

Berpuasa, bukan penghalang untuk tetap bugar. Meskipun tidak makan dan minum hampir seharian, tubuh sebenarnya menyimpan cadangan energi dalam bentuk glikogen, lemak dan protein. Nah, cadangan energi itulah yang bisa digunakan tubuh untuk membakar lemak. Lemak tersebut akhirnya akan membuat tubuh terbebas dari rasa lesu, malas dan mengantuk. Jadi Kamu tetap bugar di bulan puasa. Selain itu, kamu juga tidak perlu meninggalkan kegiatan olahraga hanya karena lemas berpuasa. Justru olahraga bisa membuatmu jadi semakin semangat dan memiliki tubuh sehat dan bugar untuk bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan segar meskipun sedang berpuasa. Jika kamu malas berolahraga dan tidak memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhmu, maka yang kamu dapatkan ketika bulan puasa berakhir adalah bertambahnya berat badan dan tumbuh lemak di beberapa bagian tubuh yang membuatmu berat badanmu jauh dari ideal.

Nah, tak mau menjadi gemuk karena banyaknya lemak yang tertimbun di dalam tubuh kan? Makanya, lakukan kegiatan olahraga terus meskipun saat sedang berpuasa.

Waktu

Waktu terbaik untuk olahraga di bulan puasa adalah setelah sahur dan menjelang berbuka. Sempatkan diri untuk latihan seperti berjalan kaki selama 30 menit atau bersepeda setelah sahur. Jika Kamu memilih untuk berolahraga menjelang berbuka, coba untuk latihan fisik 30 menit sebelum waktu berbuka. Olahraga setelah berbuka juga bisa Kamu lakukan 1 jam setelah berbuka.

Jenis Olahraga

Selain waktu, salah satu yang penting adalah jenis olahraga yang Kamu pilih. Selama puasa, hindari olahraga yang berat. Pilihlah jenis olahraga ringan seperti berjalan, bersepeda atau lari. Latihan kardio seperti berjalan dan bersepeda dapat membantu untuk membakar kalori dan meningkatkan stamina selama puasa. Kamu juga bisa coba latihan yoga dan meditasi dalam membantu tubuh untuk detoksifikasi.

Tips Olahraga

Selain jenis olahraga, perhatikan juga jumlah waktu latihan. Jumlah waktu latihan yang baik saat puasa adalah 30 sampai 60 menit. Hindari juga intensitas latihan yang tinggi dan cepat seperti stepper dan angkat beban. Karena akan menyebabkan cedera sendi atau otot serta komplikasi tekanan darah, hipoglikemia dan pusing.

Berolahraga saat puasa ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Jadi, sudah siap bugar saat bulan puasa belum?

Tags fit ramadan