Hal Yang Perlu Diketahui Seorang Pelari Pemula
26 April 2018
Hidup Seimbangku
Share

Hal Yang Perlu Diketahui Seorang Pelari Pemula

            Seorang pelari pemula pasti akan merasakan ketidaknyamanan saat masa awal menjadi pelari. Sakit pada otot hingga merasa bosan dengan aktifitas lari, menjadi hal yang sering kali dialami oleh pelari pemula.

            Rasa malas untuk memulai berlari juga menjadi hal wajar yang sering dialami pelari pemula. Padahal sudah menjadi rahasia umum, bahwa dengan rutin berolahraga dapat memicu perasaan lebih bahagia, mengurangi risiko terserang penyakit, bahkan hingga membuat panjang umur.

            Sebagai pelari pemula, pastikan kamu mengetahui seluk-beluk untuk menjadi pelari dengan rasa nyaman, tidak membosankan dan tanpa rasa malas. Seorang pelari pemula pasti pernah merasa rendah diri saat mengetahui jarak dan kecepatan pelari senior, jika dibandingkan dengan dirinya.

            Jarak yang bisa ditempuh dan kecepatan seorang pelari akan meningkat dengan sendirinya, tergantung dengan jam terbangnya sebagai pelari. Untuk pelari pemula, bisa diawali dengan berjalan cepat atau jogging dengan jarak dekat, kemudian lama-kelamaan meningkatkan kecepatan dan jarak tempuh lari.

            Pada masa awal menjadi pelari pasti kamu akan merasakan sakit pada otot kaki, atau bahkan seluruh badan. Jangan panik, jika rasa sakit yang kamu rasakan tidak berlebihan, itu masih dalam hal wajar. Namun jika rasa sakit yang kamu rasakan berlebihan, bisa jadi kamu mengalami cedera, segera tangani dengan tepat.

            Rasa malas untuk bangun pagi pasti juga akan menyelimuti kamu sebagai seorang pelari pemula. Namun, motivasilah diri kamu sendiri untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan berat badan ideal.

            Jika kamu merasa bosan saat berlari, cobalah dengan mendengarkan musik selama berlari. Atau, ajak partner lari bersama. Pasti akan lebih menyenangkan dan tidak akan membosankan, sejauh apapun kamu berlari.

            Berlari bukan hanya sekedar mengelilingi jalan untuk mengeluarkan keringat dan beberapa manfaat lainnya. Tapi, cobalah berlari untuk menyenangkan mata juga. Caranya cari tahulah dulu area sekitar yang akan kamu lewati selama berlari. Pastikan tempatnya memiliki pemandangan yang indah dan menyegarkan mata. Pasti lari akan menjadi kegiatan yang menyenangkan, bagi tubuh, mata dan otak kamu.

           Setelah berlari, jangan lupa untuk mengganti cairan tubuhmu yang hilang dengan minum TOTAL 8+.

 

Baca juga: Haruskah Tetap Berolahraga Saat Sakit 

PULIHKAN OTOT SETELAH BERLARI DENGAN YOGA ROGA