GERAKAN YOGA YANG BISA KAMU LAKUKAN DI KURSI
06 December 2018
Hidup Seimbangku
Share

GERAKAN YOGA YANG BISA KAMU LAKUKAN DI KURSI

            Chair yoga poses atau pose yoga menggunakan kursi diperkenalkan oleh Erika Hammerstorm pada tahun 1980-an. Pose yoga ini baik diperagakan bagi orang tua atau orang-orang yang memiliki masalah berat badan, karena kesulitan untuk melakukan pose yoga’bebas’ pada umumnya.

            Seperti halnya berbagai jenis pose yoga lainnya, chair yoga poses juga memiliki berbagai manfaat, seperti membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi tekanan darah dan menurunkan kolesterol jahat.

            Pose yoga ini menjadi bentuk latihan yang ideal bagi mereka yang menderita radang sendi, vertigo, depresi, kecemasan atau sakit kronis, karena dapat membantu menyembuhkan semua masalah tersebut, tanpa perlu banyak usaha.

            Tidak masalah jika kamu tidak memiliki tubuh yang fleksibel. Rutin melakukan pose yang ini setiap hari akan membantu kamu meningkatkan fleksibilitas secara bertahap.

            Bagi kamu yang ingin mencoba, chair yoga poses bisa dilakukan dimana saja. Lebih lengkapnya, berikut beberapa asana yang bisa kamu coba.

 

Chair Cat-Cow Stretch

Duduklah dengan posisi duduk tegak dan kedua kaki di lantai. Letakkan tangan di lutut atau bagian atas paha. Saat menarik napas, lengkungkan punggung dan tekan bahu ke arah paha, lalu tarik lagi mendekat ke kursi. Ini adalah posisi sapi. Saat menghembuskan napas, putar tulang belakang dan tempelkan dagu ke dada, biarkan bahu dan kepala maju ke depan.

 

Chair Raised Hands Pose - Urdhva Hastasana

Duduklah dengan posisi duduk tegak dan kedua kaki di lantai. Saat menarik napas, angkat tangan ke atas. Pastikan posisi tangan lurus.

 

Chair Warrior I - Virabhadrasana I

Jaga kaki kanan berada di atas kursi saat kamu menarik kaki kiri ke belakang. Letakkan telapak kaki kiri di lantai, kira-kira sejajar dengan kursi, dan luruskan kaki kiri. Jaga tubuh menghadap ke atas kaki kanan saat kamu mengangkat tangan ke atas. Tarik napas. Tahan pose ini, hingga tiga kali tarikan napas.

 

Chair Warrior II - Virabhadrasana II

Saat menghembuskan napas, buka lengan dengan posisi lengan kanan ke depan dan lengan kiri ke belakang. Tarik pinggul kiri ke belakang dan putar badan ke kiri, sehingga sejajar dengan bagian depan kursi. Pastikan kamu bisa melihat jari-jari di kaki kananmu. Tahan pose ini, hingga tiga tarikan napas.

 

Reverse Warrior Yoga Pose

Tarik lengan kiri ke arah belakang bawah, dan angkat lengan kanan ke atas, lakukan sambil menarik napas. Tahan pose ini, hingga tiga kali tarikan napas.

 

            Supaya kalori kamu lebih banyak terbakar, minum TOTAL 8+, ya, setelah melakukan berbagai pose yoga di atas.

 

Baca juga: Beragam Manfaat Yoga yang Bisa Anda Dapatkan 

BUAT WAJAH LEBIH KENCANG DENGAN FACIAL YOGA