Buat Badan Sehat Lebih Fun Dengan Zumba
29 January 2018
Hidup Seimbangku
Share

Buat Badan Sehat Lebih Fun Dengan Zumba

           Zumba pertama kali dikenal di Kolombia pada tahun 1990-an. Secara tidak sengaja, seorang instruktur kebugaran lupa membawa musik olahraga yang biasa ia pasang di kelasnya. Lalu, ia mengambil beberapa album Latin di mobilnya, kemudian ia berolahraga sambil menari. Bukannya kecewa, para peserta justru senang dengan kelas tersebut.

            Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Zumba menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang tidak suka berolahraga. Sama seperti kebanyakan jenis olahraga lainnya, Zumba dipimpin oleh instruktur dengan gerakan tarian sederhana.

            Ada beberapa jenis kelas Zumba, mulai dari latihan Aqua Zumba hingga kelas seperti Zumba Toning yang menggabungkan latihan pembakaran kalori dengan melatih kekuatan tubuh. Bahkan, kini sudah ada kelas Zumba untuk anak-anak.

            Tidak hanya musik Latin, kini, beberapa musik lainnya juga digunakan saat Zumba, seperti Salsa, Flamenco dan musik Merengue, sehingga tidak terasa seperti berolahraga, melainkan seperti sedang berdansa. Kamu tidak harus bisa berdansa terlebih dahulu untuk mengikuti kelas Zumba, karena siapapun bisa mengikutinya.

            Bagian tubuh yang menjadi target pada kelas Zumba adalah bagian pinggul, lengan (untuk kelas Zumba Toning untuk membantu memperkuat bagian lengan), kaki dan bagian belakang tubuh.

            John Porcari, seorang profesor olahraga dan sains olahraga di University of Wisconsin, La Crosse menganalisis sekelompok wanita yang rutin melakukan Zumba selama 40 menit. Dan, hasilnya mengagumkan. Kalori yang dibakar sekitar 370 kalori, atau setara dengan 9 kalori per menit.

            Sebuah studi di American Journal of Health Behavior menunjukkan bahwa ketika wanita dengan diabetes tipe 2 dan obesitas melakukan Zumba tiga kali seminggu selama 16 minggu, mereka kehilangan rata-rata 1 kg dan menurunkan persentase lemak tubuh sebesar 1 persen.

            Pada tahun 2015, sebuah studi menemukan bahwa orang yang sering melakukan Zumba dapat juga menjaga kebugaran kardiovaskular, membantu menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi tekanan darah dan kolesterol jahat, serta meningkatkan kolesterol baik.

            Bagi kamu yang tidak sempat untuk mengikuti kelas Zumba, tidak perlu khawatir, kamu juga bisa mencobanya sendiri di rumah. Caranya, kamu bisa download video-nya di media sosial, dan kamu bisa langsung mencobanya di rumah. Tidak butuh alat bantu apapun, cukup sepatu kets saja. 

           Dan, setelah selesai mengikuti kelas Zumba, jangan lupa untuk langsung minum TOTAL 8+, ya. Supaya kalori yang terbakar lebih banyak, tubuh tetap sehat dan bentuk tubuhmu tetap ideal.