Beragam Manfaat Yoga yang Bisa Anda Dapatkan
12 September 2018
Hidup Seimbangku
Share

Beragam Manfaat Yoga yang Bisa Anda Dapatkan

            Berasal dari kata Sansekerta "yuji," yang berarti kuk atau penyatuan, yoga merupakan praktik kuno yang menyatukan pikiran dan tubuh. Yoga menggabungkan latihan pernapasan, meditasi, serta pose yang dirancang untuk mendorong relaksasi dan mengurangi stres.

            Melakukan gerakan yoga diketahui bermanfaat baik bagi kesehatan mental dan fisik, seperti:

 

Menurunkan stres

            Sama seperti meditasi, yoga dapat meredakan stres dan meningkatkan relaksasi. Bahkan, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa yoga dapat menurunkan sekresi hormon stres, kortisol.

 

Mengurangi peradangan

            Sebuah studi 2015 membagi 218 peserta menjadi dua kelompok, yakni peserta yang rutin berlatih yoga dengan peserta yang tidak rutin berlatih yoga. Kedua kelompok tersebut kemudian melakukan latihan sedang dan berat untuk memicu stres. Hasilnya, peserta dengan rutin berlatih yoga memiliki tingkat peradangan yang lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang tidak rutin berlatih yoga.

 

Meningkatkan kesehatan jantung

            Studi menunjukkan bahwa yoga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. Dalam studi yang melibatkan peserta berusia di atas 40 tahun tersebut, melakukan yoga selama lima tahun. Hasilnya, para peserta memiliki tekanan darah dan denyut nadi lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak melakukan yoga.

 

Meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan

            Sebuah studi yang melibatkan 66 orang selama satu tahun menemukan bahwa, orang-orang tersebut memiliki fleksibilitas empat kali lebih banyak dibandingkan dengan kelompok senam. Sedangkan dari hasil studi pada tahun 2013, menemukan bahwa berlatih yoga dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan mobilitas.

 

Membantu meningkatkan pernapasan

            Pranayama atau pernapasan yoga merupakan bagian pada latihan yoga yang berfokus pada pengendalian nafas. Sebuah penelitian melibatkan 287 mahasiswa selama 15 minggu, dengan melakukan berbagai pose yoga dan latihan pernapasan. Hasilnya, para peserta tersebut mengalami peningkatan kapasitas vital yang signifikan. Kapasitas vital adalah ukuran jumlah maksimum udara yang dapat dikeluarkan dari paru-paru. Hal ini sangat penting bagi mereka yang memiliki penyakit paru-paru, masalah jantung dan asma.

 

Dapat meningkatkan kekuatan

            Terdapat pose khusus dalam yoga yang dirancang untuk meningkatkan kekuatan dan membangun otot. Penelitian yang melibatkan 79 orang melakukan serangkaian pose dasar yang sering digunakan sebagai pemanasan. Setelah 24 minggu, para peserta mengalami peningkatan yang signifikan dalam segi kekuatan tubuh bagian atas, daya tahan dan penurunan berat badan.

 

Baca juga: PULIHKAN OTOT SETELAH BERLARI DENGAN YOGA ROGA 

Mengalami Sakit Kepala Usai Lakukan Yoga? Mungkin Ini Penyebabnya