AMAN ENGGAK, SIH, OLAHRAGA DUA KALI SEHARI?
24 June 2019
Hidup Seimbangku
Share

AMAN ENGGAK, SIH, OLAHRAGA DUA KALI SEHARI?

            Ingin cepat kurus, seringkali menjadi alasan umum seseorang lebih ‘gencar’ berolahraga, bahkan bisa dua kali atau lebih dalam sehari.

            Menurut pakar kebugaran, kebanyakan orang disarankan untuk tetap berolahraga satu kali dalam sehari. Pengecualian, tentu saja, berlaku untuk atlet atau orang yang kariernya membutuhkan standar kebugaran tinggi.

            Waktu yang diperlukan orang dewasa untuk olahraga dalam seminggu setidaknya 150 menit untuk olahraga dengan intensitas sedang, atau 75 menit untuk olahraga dengan intensitas tinggi.

            Jika kamu terobsesi untuk menurunkan berat badan dengan cepat, dan memilih untuk melakukan olahraga lebih dari sekali dalam sehari, pikirkan kembali. Kamu juga perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Ini bertujuan agar kamu tetap memiliki jadwal tidur yang tepat, jumlah air minum yang cukup dan asupan nutrisi yang tepat untukmu.

            Lebih dari sekali dalam sehari bukan pilihan waktu olahraga yang tepat, untuk kamu non-atlet. Bukan kesehatan yang akan kamu rasakan, tapi justru penurunan kemampuan tubuh. Selain itu, Olahraga lebih dari sekali dalam sehari tentu akan meningkatkan risiko cederamu lebih besar, karena tidak membiarkan tubuhmu beristirahat lebih panjang, untuk memulihkan rasa letih. Ini diperparah, jika olahraga yang kamu pilih merupakan olahraga kardio, yang dapat menyebabkan gejala overtraining.

            "Latihan dua kali sehari, jika tidak diprogram dan dilaksanakan dengan benar, dapat meningkatkan risiko cedera yang berlebihan," kata Nicholas M. Licameli, ahli terapi fisik yang bermarkas di New Jersey. Sementara pemulihan fisik penting, olahraga lebih dari sekali dalam sehari juga memiliki risiko kemungkinan kelelahan mental, jika tanpa istirahat yang cukup.

Tags