9 Aktivitas Workout Yang Bisa Dilakukan Di Bulan Ramadan
04 June 2015
Hidup Seimbangku
Share

9 Aktivitas Workout Yang Bisa Dilakukan Di Bulan Ramadan

Menjalankan ibadah puasa bukan berarti berhenti berolahraga. Kamu bisa coba menggunakan waktu luang saat puasa dengan latihan ringan yang membuat tubuh lebih bugar dan sehat.

Untuk Kamu yang belum terbiasa, coba 9 tips workout di bawah ini:

1. Jalan kaki

Pagi hari adalah waktu yang paling pas untuk jalan kaki. Setelah sahur ajak adik, kakak, sepupu atau orang tua berjalan kaki. Minimal 30 menit untuk membakar lemak. Jika di pagi hari Kamu tidak dapat melakukannya, sore hari bisa jadi pengganti waktu yang pas lho. Dengan berjalan kaki, ngabuburit Kamu dan keluarga kayaknya akan semakin sehat. Melakukannya secara rutin bisa lebih baik.

2. Lari santai atau jogging

Kunci workout di bulan Ramadan adalah melakukan latihan yang ringan. Tidak terlalu berat agar energi yang digunakan tidak membuat tubuh menjadi lemas. Tidak perlu lari sprin, jogging atau lari santai 1 jam setelah berbuka bisa jadi latihan alternative yang perlu kamu coba lakukan selama bulan puasa.

3. Bersepeda­­­

Percaya deh, latihan yang paling mudah dilakukan adalah bersepeda dan lari. Jangan terlalu bersemangat, bersepeda santai bareng keluarga dan teman sambil ngabuburit pasti rasanya lebih seru.

4. Yoga & Meditasi

Puasa adalah proses detoksifikasi tubuh. Kamu bisa melengkapinya dengan berlatih yoga dan meditasi di rumah. Kalau belum pernah coba, sudah banyak tutorial dari para pakarnya yang dishare di youtube dan akun berbasis video lainnya.

5. Stretching

Stretching atau peregangan otot adalah salah satu jenis latihan yang bisa Kamu lakukan di bulan Ramadan. Tak hanya berguna untuk melancarkan peredaran darah, peregangan otot juga bermanfaat untuk meredakan emosi dan menenangkan pikiran. Kalau begini, puasa bisa lebih tenang deh.

6. Bulutangkis

Siapa yang belum pernah main bulutangkis? Olahraga ini bisa jadi latihan rutin Kamu selama bulan Ramadan. Bisa dilakukan pagi setelah sahur atau sore menjelang berbuka. Tinggal cari pasangan yang pas untuk mulai latihan bulutangkis bersama, karena Kamu pasti tau, latihan bulutangkis adalah latihan berpasangan.

7. Aerobik

Siapa bilang aerobik tidak bisa dilakukan selama bulan Ramadan? Inti melakukan workout selama puasa adalah mengerti kondisi fisik. Lakukan aerobik kelas ringan di rumah bersama teman atau di kelas gym.

8. Berenang

Asal tidak terminum, berenang bisa menjadi workout pilihan di bulan Ramadan Kamu. Selain menyehatkan, berenang adalah olahraga yang all in one. Karena pada saat berenang, semua otot kita akan bergerak. Hal itu membuat tubuh lebih fresh dan bugar.

9. Naik Tangga

Saat puasa, bukan alasan selalu menggunakan lift dan eskalator. Tetap hidup sehat dengan naik tangga. Lakukan hal-hal tersebut saat bekerja atau saat Kamu berpergian.

Nah, ini dia 9 workout yang bisa Kamu coba lakukan di bulan Ramadan agar tetap sehat. Kira-kira pilih yang mana?