5 Langkah Tepat Menaikan Berat Badan Untuk Si Kurus
09 June 2015
Hidup Seimbangku
Share

5 Langkah Tepat Menaikan Berat Badan Untuk Si Kurus

Selain menurunkan berat badan untuk wanita yang bertubuh gemuk, menaikkan berat badan untuk wanita yang bertubuh kurus pun butuh usaha yang tidak mudah. Ada wanita yang sulit menaikkan berat badannya karena angka pada timbangan belum menunjukkan berat badan yang ideal. Tapi, jangan khawatir. Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk membantu menaikkan berat badan Anda. Butuh waktu dan kesabaran agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Bagaimana pun juga, tubuh Anda perlu dijaga agar selalu sehat dan bugar. Terlalu gemuk atau terlalu kurus tidak baik untuk kesehatan badan, karena bisa saja dengan sangat mudah terserang penyakit dari yang kecil hingga penyakit serius. Idealnya, cara menghitung berat badan adalah, angka tinggi badan dikurangi 110. Setelah Anda mendapatkan angka yang ideal, tuliskan di mana saja tempat yang mudah terlihat untuk selalu mengingatkan Anda bahwa Anda masih harus mencapai berat badan tersebut. Jangan lupa juga sediakan timbangan di rumah untuk terus menjaga berat bada agar tetap ideal, karena Anda bisa selalu mengetahui perkembangan berat badan Anda sekali dalam satu minggu atau satu bulan.

1. Perhatikan porsi makan

Daripada menambah porsi makan yang menjadi banyak, lebih baik Anda menambah intensitas makan, dari yang normalnya tiga kali, menjadi 5-6 kali sehari dengan porsi sedang. Ini lebih berhasil, karena jika makan dengan porsi besar akan membuat kerja lambung jadi berat dan lambat, dan biasanya hanya membuat Anda lemas dan cepat mengantuk.

2. Lengkapi gizi yang dibutuhkan

Sudahkah makanan Anda mengandung karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin? Anda bisa mengatur menu makanan Anda sehari-hari dengan makanan yang mengandung gizi baik untuk tubuh. Gandum mengandung banyak serat dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Lengkapi dengan sayur-sayuran, buah-buahan, daging merah, susu, dan kacang-kacangan untuk melengkapi nutrisi tersebut, sehingga Anda akan mendapatkan tubuh ideal yang sehat, tidak hanya sekedar gemuk saja.

3. Makan buah-buahan

Perlu Anda ketahui bahwa beberapa buah bagus untuk menaikkan berat badan Anda. Contohnya adalah pisang dan alpukat. Selain dimakan langsung atau dibuat sebagai minuman, Anda bisa mengkreasikan buah-buahan ini dengan berbagai macam cara. Untuk waktu yang baik memakan buah-buahan, Anda bisa memakannya saat sarapan dan sebagai camilan saat perut Anda sedang kosong.

4. Minum air putih dan istirahat secukupnya

Delapan gelas sehari adalah takaran yang cukup untuk Anda meminum air putih. Jika kurang, badan Anda akan terkena dehidrasi dan terjadi masalah kesehatan lainnya yang akan mengganggu proses penaikkan berat badan Anda. Jadi, usahakan tetap cukup meminum air putih.

5. Olahraga teratur

Semua proses yang Anda jalani akan lebih lengkap jika dibarengi dengan olahraga. Dengan begitu, otot Anda akan semakin berisi, dan tubuh ideal akan dengan mudah Anda miliki.

Jika Anda tetap kesulitan menaikkan berat badan meskipun sudah menjalani gaya hidup sehat, ada baiknya Anda melakukan konsultasi pada dokter untuk mengetahui apakah Anda perlu mengonsumsi suplemen tambahan atau ada suatu penyakit tertentu yang sedang Anda derita sehingga menghambat Anda untuk menaikkan berat badan. Jika ada masalah kesehatan tertentu yang akhirnya bisa Anda ketahui, maka Anda juga tahu bagaimana solusi yang tepat sesuai dengan anjuran dokter. Setidaknya, Anda sudah menjalani gaya hidup sehat dan tetap harus mengatur semua pola hidup yang telah Anda perbaiki.