Tips Menjaga Miss V Tetap Bersih
09 April 2018
Hidup Seimbangku
Share

Tips Menjaga Miss V Tetap Bersih

            Kebersihan miss v jika tidak dijaga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap, keputihan yang tidak wajar, bahkan hingga jamur. Pasti kamu tidak mau kan memiliki miss v seperti itu? Oleh karena itu, tetaplah jaga kebersihan miss v.

            Miss v dibersihkan menggunakan tisu, sabun bahkan hingga menggunakan parfum untuk menjaganya tetap wangi dan bersih merupakan cara yang salah. Penanganan kebersihan miss v yang salah justru malah membuatnya berbau bahkan menimbulkan penyakit, seperti kanker.

            Sebenarnya miss v merupakan bagian tubuh yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Miss v memiliki pH alami rendah yang dapat menghambat pertumbuhan organisme dari luar dan menjaga kebersihannya sendiri dengan baik. Namun, tidak ada salahnya Anda juga turut menjaga kebersihan miss v.

            Supaya tidak bingung tentang bagaimana cara menjaga kebersihan miss v, uraian lengkapnya berikut ini:

 

Bersihkan bagian vulva

            Vulva merupakan bagian luar dari miss v. Cara membersihkan vulva sama seperti membersihkan bagian luar tubuh lainnya, hanya saja Anda harus lebih berhati-hati. Jangan gosok terlalu keras dan jangan menggunakan sabun untuk badan, karena kandungan pH yang berbeda dapat menimbulkan iritasi dan infeksi pada miss v.

 

Jangan menggunakan produk pembersih beraroma

            Produk pembersih beraroma hanya akan membuat miss v Anda iritasi, karena miss v lebih sensitif dibanding bagian tubuh lainnya. Tidak hanya pada produk pembersih, hal ini juga berlaku jika Anda menggunakan pembalut beraroma, bahkan penggunaan deterjen yang terlalu wangi pada celana dalam juga dapat membuat miss v iritasi.  

 

Jangan gunakan celana basah atau lembap

            Miss v menjadi lingkungan yang gelap dan lembap, lingkungan yang sangat cocok untuk pertumbuhan bakteri. Menggunakan celana yang basah atau lembap hanya membuat potensi timbulnya bakteri pada miss v semakin besar.

 

Gunakan celana dalam berbahan katun

            Katun dapat menyerap keringat dengan baik, sehingga dapat menjaga miss v Anda dalam keadaan kering lebih lama, serta meminimalisir kemungkinan pertumbuhan bakteri.

 

Bersihkan dari depan ke belakang

            Pastikan Anda membersihkan dari miss v ke arah anus, jangan sebaliknya. Ini bertujuan agar bakteri yang terdapat pada anus tidak menempel pada miss v, yang menyebabkannya terinfeksi bakteri dan iritasi.

 

Gunakan pembalut dengan bahan yang tepat

            Pastikan pembalut yang Anda gunakan tidak mengandung bahan kimia yang dapat mengganggu hormon pada miss v Anda.

 

Baca juga: Tidak Nyaman Saat Bercinta Karena Vagina Kering? Ini Penyebabnya! 

Cara Menjaga Kebersihan Miss V Saat Menstruasi?