Tidak Nyaman Saat Bercinta Karena Vagina Kering? Ini Penyebabnya!
08 March 2018
Hidup Seimbangku
Share

Tidak Nyaman Saat Bercinta Karena Vagina Kering? Ini Penyebabnya!

            Tidak hanya bagi wanita dengan usia di atas 60 tahun, wanita dengan usia di bawah 60 tahun juga harus memperhatikan vagina mereka, kering atau tidak.     Vagina yang kering tentu saja akan menimbulkan rasa sakit saat bercinta. Sejumlah kondisi yang mengakibatkannya bisa jadi karena kurangnya pelumasan vagina.

            Menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), penyebab paling umum adalah penurunan kadar estrogen selama menopause atau perimenopause, setelah melahirkan atau selama menyusui. Pengobatan kanker seperti kemoterapi dan radiasi pada panggul juga dapat menyebabkan estrogen rendah dan penurunan pelumasan vagina.

            Obat alergi dan pilek yang mengandung antihistamin, serta obat asma dapat memiliki efek pengeringan di dalam tubuh dan menyebabkan berkurangnya pelumasan vagina.

Dalam beberapa kasus, kekeringan vagina mungkin disebabkan oleh libido rendah atau masalah seksual dengan pasangan. Irwin Goldstein, MD, direktur Pengobatan Seksual di Rumah Sakit Alvarado dan San Diego Sexual Medicine di California seperti dikutip dari laman everyday health mengatakan, "Jika pasangan memiliki kinerja buruk dan ejakulasi dini, ini bisa menyebabkan kekeringan vagina,"

            Goldstein menambahkan bahwa bahan kimia dalam sabun, produk kebersihan, pewarna, dan parfum dapat menyebabkan timbulnya masalah vagina kering. Terakhir, faktor psikologis dan emosional seperti stres dan kecemasan juga bisa mengganggu hasrat seksual dan menyebabkan kekeringan vagina saat pelumasan vagina normal tidak terjadi. "Ketika seorang wanita cemas, aliran darah tidak mencukupi dan mengakibatkan vagina akan kering," kata Goldstein.

 

Baca juga: Cara Menjaga Kebersihan Miss V Saat Menstruasi

Bercak Putih di Celana Dalam, Ini artinya !