TANYAKAN INI PADA DIRIMU SENDIRI SEBELUM AKHIRNYA MEMUTUSKAN UNTUK MENIKAH
19 November 2019
Hidup Seimbangku
Share

TANYAKAN INI PADA DIRIMU SENDIRI SEBELUM AKHIRNYA MEMUTUSKAN UNTUK MENIKAH

     Pernikahan merupakan momen penyatuan dua insan berbeda, yang sangat sakral. Penentuan masalah pernikahan tidak bisa main-main, harus ada proses panjang yang dilewati. Mulai dari proses pematangan diri, hingga proses persiapan pernikahan.
     Ada baiknya kamu menanyakan beberapa pertanyaan berikut ini terlebih dahulu ke dirimu sendiri, sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah:
 
1. Adilkah?
Apa kamu merasakan keadilan selama berhubungan dengan si dia? Apa kamu dan dia bisa mengatur keuangan secara benar dan tepat? Apakah ada keseimbangan emosional? Apa kamu merasa nyaman dengan segala yang terjadi antara dirimu dan si dia? Atau, malah kamu merasa tertekan?
 
2. Bagaimana dengan orang tua kalian?
Apa orang tua kalian tergolong orang yang akan mencampuri hubungan rumah tanggamu nanti? Adakah harapan yang disampaikan padamu ke depannya yang berhubungan dengan rumah tanggamu? Terbebanikah kamu dengan semua itu?
 
3. Bagaimana dengan anak?
Tampak sepele, tapi masalah anak ini juga harus dipikirkan sebelum pernikahan. Kamu juga bisa komunikasikan ini dengan pasangan. Jangan hanya karena tidak membicarakan masalah anak, dan membuat kesepakatan sebelum menikah, kamu dan si dia akan berkonflik nantinya.
 
4. Samakah tujuan hidup kalian?
Pernikahan tidak hanya menyatukan dua manusia secara fisik, tapi juga emosional, pemikiran dan tujuan hidup. Apakah tujuan hidup kalian sudah sama? Sudah sejalan? Jangan jadikan ini alasan kalian bertengkar nantinya.
 
5. Apa yang akan dilakukan untuk mempersiapkan pernikahan?
Bukan karena kamu sudah menyerahkan ide dan keinginan pada Wedding Or (WO), lalu kamu bisa menunggu semua beres hingga harinya tiba. Kamu juga harus turun sendiri untuk memantau semua prosesnya. Pastikan semua kamu urus dan siapkan dengan baik. Jangan lupa juga libatkan si dia, orang tua dan teman kalian. Minta pendapat mereka juga tidak ada salahnya. Jangan jadi pusing sendiri, ya.
Tags