TANDA AWAL KEHAMILAN INI MENGELUARKAN BERCAK DARAH SEPERTI MENSTRUASI
25 August 2017
Hidup Seimbangku
Share

TANDA AWAL KEHAMILAN INI MENGELUARKAN BERCAK DARAH SEPERTI MENSTRUASI

Kehamilan seringkali baru terdeteksi saat memasuki bulan kedua. Sebagian besar wanita tidak menyadari sedang hamil, apalagi dengan keluarnya darah seperti menstruasi. Padahal bercak darah tersebut ternyata menandakan bahwa ia sedang hamil. Penasaran seperti apa bercak darah tanda awal kehamilan? Simak yuk ulasannya.

Umumnya, kehamilan ditandai dengan seorang wanita tidak mengalami haid. Untuk kamu yang sedang berusaha hamil, tentu sangat kecewa saat melihat bercak darah keluar karena menandakan kamu sudah mulai menstruasi lagi. Tapi tahukah Anda, bahwa bercak darah itu bisa diakibatkan oleh perdarahan impantasi yang menjadi salah satu awal kehamilan.

 Setidaknya ada sebagian wanita yang mengalami perdarahan implantasi. Walaupun terlihat seperti darah menstruasi, namun nyatanya perdarahan implantasi umumnya hanya berlangsung beberapa jam hingga beberapa hari. Lalu apa lagi? Daripada penasaran, yuk simak bercak darah yang menunjukkan sebagai tanda awal kehamilan berikut ini:

 

1. Warna

Umumnya, warna darah menstruasi berwarna merah cerah atau merah kehitaman. Selain itu, darah haid juga cenderung lebih kering. Sedangkan untuk perdarahan implantasi cenderung berwarna merah muda atau cokelat dan darahnya juga cenderung basah atau setengah basah.

2. Aliran Darahnya

Pada haid, saat awal aliran darahnya akan ringan dan kemudian semakin deras dan kental. Sedangkan perdarahan implantasi hanya berupa bercak darah ringan dan sedikit seperti tetesan. Selain itu, perdarahan implantasi tidak memiliki gumpalan darah seperti layaknya darah menstruasi.

3. Waktunya

Darah yang keluar karena menstruasi biasanya akan berlangsung selama 4-7 hari, sedangkan perdarahan implantasi biasanya hanya akan berlangsung selama beberapa jam hingga beberapa hari, tapi kadang muncul kadang tidak.

4. Kram

Perdarahan implantasi dan menstruasi sama-sama dapat menyebabkan terjadinya kram perut. Namun, kram perut karena haid akan terasa lebih kuat. Sedangkan perdarahan implantasi, maka kamu hanya akan mengalami kram ringan.