Normalkan Bersedih Setelah Bercinta?
02 May 2018
Hidup Seimbangku
Share

Normalkan Bersedih Setelah Bercinta?

            Secara konseptual, bercinta akan menimbulkan perasaan senang setelahnya. Namun, beberapa peneliti justru menemukan hal yang lain. Post-sex blues atau postphital dysphoria merupakan sebuah keadaan di mana seseorang akan merasa sedih, marah, depresi bahkan cemas sesaat setelah bercinta.

            Robert Schweitzer, Ph.D., seorang peneliti utama dalam sebuah studi mengatakan, sekitar 1 persen dari 230 orang responden wanita merasa sedih, marah, depresi hingga cemas setelah bercinta. Perasaan tidak nyaman setelah bercinta tersebut tidak selalu disertai dengan air mata.

            Seseorang yang bercinta dengan terpaksa dan tidak nyaman juga akan membuat dirinya mengakhiri bercinta dengan perasaaan sedih, bahkan merasa dirinya tidak menyatu dengan tubuh. Oleh karena itu, pastikan Anda bercinta dengan penuh rasa cinta, kasih sayang dan kenyamanan.

            Megan Fleming, Ph.D., seorang psikolog klinis dan terapis seks yang berbasis di New York City mengatakan, kondisi seseorang yang merasa sedih setelah bercinta bisa dipertimbangkan dari beberapa aspek, seperti kondisi situasi yang membuatnya tidak nyaman hingga bersedih, atau hubungan antara dirinya dan pasangan yang membuatnya bersedih, sehingga tidak merasakan kebahagiaan bahkan kenikmatan saat bercinta.

            Orgasme secara fisik dapat membantu seseorang merasa terbebas dari tekanan yang luar biasa saat bercinta, bahkan dapat juga memicu pelepasan emosi yang bergejolak di dalam diri. Namun, jika orgasme tidak dilakukan dengan maksimal dan nyaman, menyebabkan tekanan-tekanan tersebut tersimpan di dalam diri, sehingga membuat Anda menjadi sedih, kesal dan perasaan tidak nyaman lainnya.

            Walaupun belum terdapat penelitian secara lanjut mengenai hubungan antara mood, masalah kesehatan mental dengan bercinta yang diakhiri dengan rasa sedih, cemas dan perasaan tidak nyaman lainnya, namun tidak ada salahnya Anda mencoba dengan memperbaiki mood Anda dan hubungan baik dengan pasangan sebelum bercinta.

            Jika Anda sudah mencoba semua hal tersebut namun masih merasakan perasaan sedih setelah bercinta, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke psikolog. Kemungkinan juga Anda harus mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat anti-depresan, atau rendahnya gejolak bercinta di dalam diri yang tidak Anda sadari.

 

Baca juga: Bisakah Bercinta Memicu Serangan Jantung? 

Bukan Seberapa Sering Anda Bercinta Untuk Mendapatkan Keturunan