Mitos Seputar Kehamilan
24 April 2018
Hidup Seimbangku
Share

Mitos Seputar Kehamilan

            Banyak mitos yang beredar seputar kehamilan, dibandingkan dengan informasi yang tepat dan akurat dari pihak medis. Untuk menghindari mendapatkan informasi yang salah seputar mitos, berikut ini terdapat beberapa uraian mengenai mitos kehamilan:

 

Kehamilan berlangsung selama 9 bulan

            Dr. Joanne Stone, seorang dokter kandungan di Mount Sinai School of Medicine di New York City, mengatakan bahwa kehamilan sebenarnya bisa saja lebih dari 9 bulan. Kehamilan dihitung dari periode menstruasi terakhir seorang wanita hingga 40 minggu. Wanita biasanya mengalami masa subur pada hari ke 10 – 16 dari awal periode menstruasi. Jadi perbedaan ini lah yang bisa menjadikan masa kehamilan bervariasi dan bisa saja lebih dari 9 bulan.

 

Cara bercinta menentukan jenis kelamin bayi

            Sperma memiliki dua jenis yang dapat menghasilkan bayi laki-laki maupun perempuan, sedangkan wanita memerlukan waktu-waktu tertentu untuk menentukan jenis kelamin bayi yang akan dilahirkan. Beberapa teori mengatakan untuk menghasilkan jenis kelamin bayi ditentukan dari waktu bercinta. Namun, cara tersebut belum bisa mendapatkan jenis kelamin bayi yang sesuai saat kelahiran. Bantuan teknologi menjadi satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan jenis kelamin bayi yang sesuai.

 

Bentuk perut dengan jenis kelamin bayi

            Beberapa orang percaya jenis kelamin dapat diprediksi melalui bentuk perut saat hamil. Jika perut bulat dipercayai jenis kelamin bayi perempuan, sedangkan jika perut munjung ke bagian depan dipercaya jenis kelamin bayi laki-laki. Sebuah penelitian pada tahun 1999 yang dilakukan pada 104 wanita menunjukkan bahwa tidak ada hubungannya antara bentuk perut dengan jenis kelamin bayi.

 

Menyusui dapat membuat payudara kendur

            Para ilmuwan memastikan bahwa menyusui tidak akan membuat payudara menjadi kendur. Sebuah penelitian yang melibatkan 132 wanita menemukan bahwa merokok dan bertambahnya usia menjadi faktor utama yang akan membuat payudara kendur, bukan menyusui.

 

Bentuk tubuh setelah dan sebelum melahirkan tidak lagi sama

            Ini adalah persepsi yang salah. Anda bisa saja mendapatkan bentuk tubuh yang sama seperti sebelum hamil dan melahirkan. Anda cukup rutin melakukan olahraga yang tepat dan melakukan diet sehat seimbang. Bentuk tubuh hanya akan berubah seiring bertambahnya usia, jika tidak diimbangi dengan pola makan yang baik dan olahraga.

 

Ukuran kaki berubah

            Beberapa wanita mengalami pembengkakan pada kaki selama kehamilan, namun beberapa di antaranya akan memiliki ukuran kaki yang normal kembali setelah melahirkan.

 

Morning sickness hanya pada trimester awal

            Tidak semua wanita merasakan morning sickness pada trimester awal kehamilan, beberapa orang ada yang mengalaminya pada trimester kedua, bahkan trimester akhir. Dan, morning sickness tidak hanya akan dialami pada pagi hari, bisa juga dialami pada siang, sore, atau bahkan malam hari.

 

Sulit berkonsentrasi saat kehamilan

            Saat masa kehamilan hormon progesteron seorang wanita akan meningkat sebanyak 30 kali, sehingga membuatnya akan mudah mengantuk. Beberapa peneliti mengatakan bahwa ini juga berhubungan dengan kesulitan seorang wanita hamil untuk berkonsentrasi dan mengingat sesuatu.

 

Baca juga: Jangan Takut Posisi Bercinta saat Hamil Tua 

Mengenal Infeksi Virus TORCH yang Sering Terjadi pada Bumil?

Tags kehamilan