MENYEBALKAN, INI CARA MENGHADAPI ORANG YANG SELALU MENGANGGAP DIRINYA BENAR
17 February 2020
Hidup Seimbangku
Share

MENYEBALKAN, INI CARA MENGHADAPI ORANG YANG SELALU MENGANGGAP DIRINYA BENAR

            Mengesalkan memang, berhubungan dengan orang yang selalu bersikeras menyatakan bahwa dirinya selalu benar. Kamu seakan tidak diberi kesempatan untuk berpendapat, atau bahkan seluruh pendapatmu selalu ia anggap salah.

Penelitian baru yang meneliti antara kecerdasan emosi dan gangguan kepribadian. Hasilnya, seseorang dengan kecerdasan emosional tinggi akan lebih mampu menyesuaikan diri. Namun, jika tingginya kecerdasan emosi dibarengi dengan gangguan kepribadian yang juga tinggi, maka proses menyesuaikan diri pada seseorang akan terhambat.

            Setelah kamu tahu bahwa lawan bicaramu merupakan orang yang selalu menganggap dirinya benar, sebaiknya kamu tanggapi dengan beberapa cara berikut ini:

 

1. Kenali bahwa perilaku individu berasal dari kecerdasan emosi yang rendah. Memahami peran kecerdasan emosional dalam hubungan interpersonal adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan. Dengan ini, kamu bisa melihat bahwa kamu mungkin perlu lebih terbuka, baik secara pikiran ataupun emosional, dalam menghadapi orang tersebut.

 

2. Jangan memaksa. Situasi ini seringkali membuatmu ingin terus mempertahankan sudut pandang. Namun, yang sebenarnya harus kamu lakukan adalah menahan emosi, dan tidak memaksakan kehendak. Kamu harus lebih cerdas mengendalikan emosi.

 

3. Instrospeksi diri. Berkacalah terhadap setiap hal yang kamu lakukan. Jangan langsung menyimpulkan bahwa omongan lawan bicaramu terlalu egois. Ambillah dari berbagai sudut. Bisa jadi satu hal yang ia bicarakan adalah benar.

 

4. Jaga komunikasi. Walaupun menyebal, kamu harus tetap menjaga komunikasi dengan lawan bicaramu tersebut. Jangan sampai ada miskomunikasi, yang malah akan membuat situasi jadi runyam.

Tags