Kelola Keuangan dengan Benar Sebelum Mudik
06 June 2018
Hidup Seimbangku
Share

Kelola Keuangan dengan Benar Sebelum Mudik

            Lebaran menjadi ajang bersilaturahmi bersama keluarga, kerabat dan sahabat. Beberapa orang dengan keluarga yang berada di kota berbeda, biasanya akan memilih untuk mudik. Tidak hanya memikirkan kegiatan apa saja yang akan dilakukan nanti bersama keluarga. Namun, Anda juga harus memikirkan cara mengelola keuangan dengan benar sebelum mudik.

            Ya, keuangan harus dikelola dengan benar. Anda harus bisa mengelola uang gaji, THR dan tabungan dengan benar sebelum mudik. Karena, jika Anda tidak mengelolanya dengan benar, bisa jadi uang-uang tersebut tanpa disadari akan Anda hambur-hamburkan.

            Saat memasuki bulan Ramadan dan menjelang Lebaran, biasanya harga barang dan sembako akan mengalami kenaikan harga. Hal ini tentu saja akan membuat pengeluaran bulanan dan harian Anda membengkak, sehingga membuat pengeluaran dari uang gaji menjadi lebih banyak.

            Jika hal tersebut terjadi, Anda bisa menyiasatinya dengan mengurangi biaya untuk keperluan lain, seperti pengeluaran untuk hobi, kosmetik hingga biaya makan di luar.

            Mendekati Hari Raya Lebaran, Anda pasti akan mendapatkan THR. Dana THR tersebut sebaiknya harus Anda kelola dengan benar. Pergunakan THR untuk kebutuhan yang wajib terlebih dahulu, seperti membayar zakat dan sedekah. Setelah itu, baru Anda bisa mempergunakan dana THR untuk keperluan Lebaran lainnya, seperti uang bensin, uang tol atau persiapan perbekalan untuk selama perjalanan mudik.

            Jangan lupa juga Anda menyiapkan dana cadangan untuk keperluan mendadak yang bisa saja terjadi saat perjalanan mudik, seperti bocornya ban mobil Anda. Siapkan dana tersebut sebesar 5-10 persen dari dana THR.

 

Baca juga: Ingin Tetap Nyaman Saat Mudik Lebaran? Cobain Tips Fashion berikut! 

Tips Agar Tubuh Tetap Fit Dalam Perjalanan Mudik?