JAGA VAGINA DENGAN PERAWATAN INI
19 September 2019
Hidup Seimbangku
Share

JAGA VAGINA DENGAN PERAWATAN INI

     Ladies, taukah Anda bahwa vagina mempunyai mekanisme pembersihan diri sendiri, yaitu dengan mengandalkan koloni bakteri normal yang menjaga keseimbangan mikroorganisme di dalam dan di sekitarnya. Namun pada kenyataannya keseimbangan tersebut dapat terganggu oleh beberapa tindakan yang tidak mengindahkan kebersihan. Jika keseimbangan tersebut terganggu, maka dapat memunculkan terjadinya masalah keputihan.

     Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk merawat dan menjaga kesehatan organ intim wanita ini. Hal yang paling penting adalah mengenakan celana dalam yang terbuat dari katun karena dapat menyerap keringat. Hindari celana dalam berbahan nilon, jins dan kulit. Hal ini dilakukan untuk menghindari peningkatan kelembaban dan iritasi yang dapat menimbulkan infeksi. Jika Anda sudah terbiasa menggunakan panty liner sebaiknya hanya digunakan antara 2-3 jam saja.

     Jaga organ intim agar tidak lembab setelah buang air kecil atau buang air besar. Bilas vagina sampai bersih, kemudian keringkan sebelum memakai celana dalam dengan handuk kecil atau tisu yang bersih. Usahakan agar daerah kemaluan dan selangkangan selalu kering, terutama bagi yang bertubuh gemuk. Suasana lembab sangat disukai jamur. Karena itu jangan biarkan celana dalam basah atau lembab.

     Gunakan air yang bersih untuk membasuh vagina langsung ditadah dari keran biasa atau dengan keran semprot. Air yang terkumpul di ember atau bak mandi bisa saja terkontaminasi oleh, spora, jamur atau kuman.

     Dan yang harus Anda ketahui bahwa ternyata makanan juga harus dijaga dan sebisa mungkin kurangi asupan gula dan makanan yang terbuat dari karbohidrat buatan, seperti mi, roti dan kue kecil yang sejenisnya. Menerapkan pola hidup sehat yaitu diet yang seimbang, olah raga rutin, istirahat cukup, hindari rokok dan alkohol serta hindari stres berkepanjangan.

Tags