Fakta Organ  Reproduksi Wanita
18 April 2019
Hidup Seimbangku
Share

Fakta Organ Reproduksi Wanita

 

                           Tahu apa saja organ reproduksi wanita? Bukan hanya vagina ialah labia, vagina, uterus, dan rahim. Dari keempat organ tersebut ternyata ada fakta-fakta menarik soal organ reproduksi kita lho, ladies!

                           Yuk kita ulas fakta-faktanya di sini:

                   - Rahim sangat elastis

          Ketika mengandung selama 9 bulan, janin di dalamnya tentu saja berkembang dan bagaimana bisa? Itu karena rahim sangat elastis, panjang normal rahim yaitu 7,5 cm dengan lebar sekitar 5cm. Selama masa kehamilan, rahim akan terus berkembang hingga usia kandungan mencapai 20 minggu, panjangnya akan mencapai hingga ke sekitar pusar. Sedangkan saat memasuki usia kehamilan 37 minggu, rahim akan terus memanjang hinga menyentuh tulang rusuk terbawah.

        - Vagina bersifat asam

           Tingkat keasaman (pH) vagina berkisar antara 3.5-4.5 yang setara dengan keasaman yang terkandung dalam tomat atau minuman berarkohol. Tingginya pH vagina disebabkan oleh mikroba yang merupakan salah satu koloni bakteri baik di vagina yaitu laktobasilus yang memproduksi bakteri asam laktat.

         - Terdapat lebih dari ribuan saraf pada klitoris

Klitoris fungsinya adalah untuk memberikan kenikmatan seksual. Namun terdapat fakta lain bahwa klitoris ternyata memiliki 8.000 sel saraf sehingga dikenal juga sebagai organ paling sensitif di antara organ tubuh lainnya.

       - Vagina bisa membersihkan dirinya sendiri

          Pada dasarnya vagina dilapisi oleh berbagai kelenjar yang menghasilkan cairan untuk melumasi dan membersihkan vagina dari kuman dan bakteri. Namun untuk menjaga kebersihannya serta terhindar dari bau tak sedap kamu bisa menggunakan cairan antiseptic yang aman untuk mengusir bakteri jahat.

         -  Vagina bisa keriput

             Selain kulit dan wajah, seiring bertambahnya usia vagina juga bisa keriput. Labia atau bibir vagina berisi lemak dan kolagen, seiring bertambah usia maka labia akan mengendur dan keriput. Selain disebabkan bertambahnya usia, keriputnya vagina juga dipengaruhi oleh kadar esterogen yang menurun.

              Itu dia lima fakta soal organ reproduksi, ladies! Yuk jaga kesehatan dan kebersihan organ reproduksi kita agar terhindar dari bakteri jahat ya. 

 

 

 

Tags