FAKTA MENGEJUTKAN TENTANG BAHASA TUBUH DAN EMOSI
17 May 2019
Hidup Seimbangku
Share

FAKTA MENGEJUTKAN TENTANG BAHASA TUBUH DAN EMOSI

            Penelitian baru menunjukkan peran bahasa tubuh dalam mengkomunikasikan emosi. Sekuat apapun kamu menyembunyikan ekspresi wajah saat berbicara, bahasa tubuhmu akan menggambarkan emosimu.

            Menurut penelitian yang dilakukan oleh Gijsbert Bijlstra dan rekannya dari Universitas Radboud di Belanda, dalam beberapa kondisi, emosi seseorang lebih bisa dikenali dari bahasa tubuh, dibandingkan dari ekspersi wajah.

            Bijlstra dan rekan meneliti proses membaca bahasa tubuh orang lain berdasarkan emosi yang dirasakan, dan proses ini dipengaruhi oleh apa yang disebut isyarat ‘kategori sosial’. Dalam studi mereka, jenis kelamin menjadi fokus isyarat kategori sosial, karena jenis kelamin tidak dapat dipisahkan dari cara pandang seseorang terhadap orang lain.

            Meskipun jenis kelamin merupakan ‘kategori sosial’ satu-satunya yang diteliti, namun tidak menutup kemungkinan bahwa ini juga dapat disebabkan berdasarkan usia, ras dan kelas sosial.

            Jadi, sebaik apapun kamu menutupi emosi melalui ekspresi wajah, bahasa tubuhmu secara tidak sadar seringkali berkata lain, dan menunjukkan emosi yang sebenarnya sedang kamu rasakan.

Tags