Cara Jitu Atur Uang THR
07 June 2018
Hidup Seimbangku
Share

Cara Jitu Atur Uang THR

            THR atau Tunjangan Hari Raya merupakan sejumlah uang yang diberikan dari perusahaan untuk para pekerjanya yang akan menyambut Hari Raya, seperti Lebaran. Jika tidak diatur dengan benar, Anda bisa saja menghamburkan uang THR, sehingga justru Anda harus ‘nombok’ untuk memenuhi kebutuhan Lebaran.                       

            Supaya uang THR yang Anda miliki bisa mencukupi kebutuhan Lebaran, Anda sebaiknya harus mengaturnya dengan baik. Cara jitu mengatur uang THR, yakni, pastikan Anda mengetahui mana kewajiban, kebutuhan utama dan kebutuhan lainnya.

            Kewajiban yang harus dikeluarkan saat menjelang Hari Raya Lebaran, seperti membayar zakat fitrah, zakat maal, bonus para pekerja jika Anda memiliki pekerja di rumah dan sebagai angpau untuk sanak saudara.

            Jika Anda termasuk ke dalam keluarga yang melakukan perjalanan mudik menjelang Lebaran, pastikan Anda mengatur anggaran untuk mudik. Lebih lengkap: Kelola Keuangan Sebelum Mudik.

            Hari Raya seperti Lebaran tentunya tidak akan lengkap jika tidak disertai dengan hidangan khas. Untuk menyediakan hidangan khas tersebut, Anda juga pastinya harus menyediakan anggaran khusus hidangan. Perhitungkan berapa jenis hidangan yang akan disajikan dan untuk berapa orang.

            Lebaran juga identik dengan pakaian baru. Anda juga bisa memperhitungkan uang THR untuk pengeluaran ini. Pembelian pakaian baru untuk Lebaran sebenarnya tidak terlalu penting dan mendesak. Jika masih ada cukup uang untuk membeli pakaian baru, belilah secukupnya saja. Jika tidak, tidak masalah.

            Jika uang THR Anda masih tersisa, tabunglah. Bisa jadi dikemudian hari Anda memerlukan pengeluaran mendadak.

 

Baca juga: Tips Bijak Belanja Lebaran Agar Lebih Hemat Menggunakan THR 

Jangan Kebanyakan, 5 Kue Khas Lebaran Ini Bisa Bikin Gendut