Bisakah Bercinta Memicu Serangan Jantung?
12 April 2018
Hidup Seimbangku
Share

Bisakah Bercinta Memicu Serangan Jantung?

            Sebuah studi menunjukkan bahwa bisa saja jantung seseorang berhenti berdetak saat sedang bercinta, walaupun masih sangat jarang terjadi. Dalam beberapa kasus, berhentinya jantung berdetak secara tiba-tiba saat bercinta atau setelah bercinta, yakni hanya kurang dari satu persen..

            Sebuah penelitian melibatkan 4.500 orang peserta yang mengalami serangan jantung mendadak, suatu kondisi di mana jantung tiba-tiba berhenti berdetak, disebabkan oleh aktivitas fisik yang memicu jantung bekerja terlalu keras sehingga membuatnya berhenti berdetak.

            Dalam penelitian tersebut menjadi penelitian pertama yang meneliti aktivitas seksual sebagai pemicu serangan jantung mendadak. Hasilnya, peneliti menyatakan bahwa serangan jantung mendadak memang menjadi faktor pemicu kematian yang cukup tinggi, namun risiko serangan jantung mendadak yang terjadi saat bercinta masih sangat rendah.

            Kasus serangan jantung mendadak yang terjadi saat bercinta terjadi, namun risiko terhadap wanita lebih kecil dibandingkan pria. Jika pria mengalami 1 dari 100 kasus berhentinya jantung saat bercinta, maka wanita mengalami 1 dari 1.000 kasus.

            Rentang usia yang memiliki kecenderungan mengalami jantung berhenti mendadak saat bercinta rata-rata antara 60 – 65 tahun. Seseorang dengan rentang usia tersebut bisa mengalami jantung berhenti mendadak saat bercinta bisa diakibatkan karena kondisi jantung yang sudah tidak prima, atau sedang melakukan pengobatan jantung, karena sudah pernah mengalami serangan jantung sebelumnya.

            Jadi, untuk menghindari terjadinya serangan jantung yang mengakibatkan jantung berhenti mendadak saat bercinta, mulailah jaga kesehatan jantung dengan mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga.

 

Baca juga: WASPADA!!! INILAH GEJALA SERANGAN JANTUNG PADA WANITA 

5 Tips Bercinta di Hari Spesial?

Tags kesehatan