5 Fakta Seputar Menstruasi Yang Perlu Anda Tahu
07 February 2018
Hidup Seimbangku
Share

5 Fakta Seputar Menstruasi Yang Perlu Anda Tahu

            Setiap bulannya, sebagai seorang wanita pasti kita akan mengalami periode menstruasi. Agar lebih memahami seputar menstruasi, berikut ini mari kita simak 5 fakta seputar menstruasi yang perlu Anda tahu.

 

1. Ovulasi jarang terjadi pada hari ke-14

Hari ovulasi akan berubah tiap bulannya, dan berbeda-beda pada setiap wanita. Hal ini dipengaruhi dari dari beberapa faktor, seperti diet, olahraga, tingkat stres dan pola tidur.

 

2. Sel telur akan mati setelah 24 jam setelah masa ovulasi

            Saat sel telur tidak dibuahi, akan mati dan tidak ada kemungkinan untuk terjadinya kehamilan. Sel telur yang mati akan meluruh bersama cairan menstruasi.

 

3. Pada siklus menstruasi, sperma tidak akan bisa bertahan hidup di dalam vagina

            Tanpa adanya cairan yang diproduksi oleh serviks, vagina akan menjadi terlalu asam untuk menunjang kelangsungan hidup sperma, sehingga kemungkinan sperma hidup tidak ada. Cairan serviks disekresikan selama masa ovulasi dan dapat membantu sperma hidup hingga 5 hari di dalam vagina.

 

Baca juga: 7 Makanan Sahabat Terbaik Kamu Saat Menstruasi

 

4. Periode menstruasi yang tidak selalu tepat setiap bulannya adalah hal yang normal

            Jangan khawatir jika tiap bulannya Anda tidak mendapatkan periode menstruasi yang tepat. Periode menstruasi tidak harus selalu setiap 28 hari atau 30 hari. Jika periode menstruasi Anda masih dalam rentang waktu antara 21-35 hari masih bisa tergolong normal.

 

5. Warna dan konsistensi cairan menstruasi bisa mengartikan sesuatu

            Sebaiknya Anda selalu memperhatikan warna dan konsistensi cairan menstruasi yang Anda keluarkan. Ini bisa menjadi indikator organ reproduksi Anda dalam keadaan baik-baik saja atau sedang terjadi masalah di dalamnya.

 

Baca juga: Ini Penyebab Kram Perut Saat Menstruasi

Tags menstruasi