TIDUR LARUT BISA PICU NAIKNYA BERAT BADAN?
21 December 2018
Hidup Seimbangku
Share

TIDUR LARUT BISA PICU NAIKNYA BERAT BADAN?

       Para ahli telah menekankan bahwa lama waktu tidur yang dibutuhkan setiap orang adalah 7 hingga 8 jam. Kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan masalah iritabilitas atau kepekaan terhadap rangsangan, menurunnya kekuatan otak dan menghambat fokus. Sedangkan, tidur terlalu larut dapat menyebabkan naiknya berat badan.

       Menurut National Sleep Foundation, tidur larut, begadang dan makan setelah jam 8 malam menjadi faktor risiko naiknya berat badan. National Sleep Foundation mengutip sebuah penelitian dari Pengobatan Barat Laut untuk menunjukkan bahwa bagaimana tidur larut berkaitan dengan naiknya berat badan.

       Studi tersebut mengungkapkan bahwa tidur larut akan memicu seseorang mengonsumsi 248 kalori lebih banyak dalam sehari, terutama saat makan malam. Pola makan juga menjadi kurang sehat.

       Berdasarkan pengamatan, orang-orang yang mengonsumsi setengah buah dan sayuran sebanyak dua kali sehari akan tidur lebih cepat, dibandingkan dengan merekan yang mengonsumsi makanan cepat saji dan minum lebih banyak soda, serta minuman kemasan.

       Asupan kalori yang lebih banyak, berkontribusi secara signifikan terhadap naiknya berat badan seseorang, yakni sekitar 1 kg per bulan, jika tidak diimbangi dengan olahraga.

       Waktu makan, waktu tidur, serta pemilihan asupan makanan yang teratur ternyata memiliki peranan yang sangat penting terhadap berat badan seseorang.

       Ahli nutrisi yang berbasis di Bangalore, India, Anju Sood, mengatakan bahwa saat malam tubuh paling sedikit melakukan proses metabolisme. Jadi, apa pun yang kamu makan, tidak akan cepat untuk dibakar menjadi energi atau nutrisi lainnya bagi tubuh. Makan mendekati waktu tidur juga dapat meningkatkan kadar energi, yang tentunya tidak diperlukan dan tidak baik untuk tubuh yang sebenarnya perlu untuk beristirahat.

       Berikut ini ada beberapa makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi, untuk membantu tidur lebih cepat.

 

Susu hangat

Susu mengandung triptofan, asam amino yang diubah menjadi serotonin, yang dikenal memiliki efek menenangkan di otak, sehingga akan membantu kamu tidur lebih nyenyak.

 

Baca juga: Manfaat Minum Susu dan Madu Bagi Kesehatan Tubuh

 

Ceri

Ceri mengandung melatonin, hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal, berfungsi mengatur siklus tidur-bangun kita. Makan 10-12 ceri sehari bisa membantu tidur lebih nyenyak.

 

Baca juga: 6 BUAH YANG BAIK DIKONSUMSI SAAT HAMIL

 

Almond

Almond mengandung triptofan, yang memiliki efek menenangkan pada otak dan saraf. Almond juga memiliki magnesium, yang membantu menjaga irama jantung tetap stabil. Konsumsi lima sampai enam kacang almond yang direndam, setiap hari.

 

Baca juga: Rahasia Diet Kajol, Rutin Konsumsi Almond Untuk Menurunkan Berat Badan

 

Pisang

Pisang terbukti sangat efektif dalam membuat tidur lebih nyaman, karena magnesium dan kalium, yang membantu otot tubuh lebih rileks. Selain itu, kandungan karbohidrat baik dalam pisang akan membuat rasa kantuk secara alami.

 

Baca juga: Dampak Positif Mengonsumsi Pisang Setiap Hari

 

Oat

Kandungan melatonin dalam oat akan membantu tidur lebih nyenyak.

 

Baca juga: Olahraga Sebelum Tidur Bantu Tidur Semakin Nyenyak