Seseorang Bisa Saja Meninggal Karena Flu
05 April 2018
Hidup Seimbangku
Share

Seseorang Bisa Saja Meninggal Karena Flu

            Pada tahun 2016 lalu, terdapat cukup banyak kasus orang meninggal yang diakibatkan flu. Virus influenza diketahui dapat menyebabkan kematian pada seseorang dengan cara yang berbeda-beda.

            Dr. Amesh Adalja, seorang ilmuwan senior di Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins di Baltimore, Amerika Serikat mengatakan bahwa virus influenza dapat menyebabkan kematian secara langsung. Virus tersebut dapat menyebabkan peradangan yang luar biasa pada paru-paru seseorang, sehingga dapat menyebabkan gagal napas. Kerusakan parah pada paru-paru dapat menyebabkannya kekurangan asupan oksigen, sehingga menyebabkan kematian.

            Flu juga dapat menyebabkan kematian secara tidak langsung. Virus akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap masalah kesehatan lainnya, bahkan pada kesehatan yang dapat menyebabkan kematian. Misalnya, jika virus terdapat pada tubuh orang dewasa, maka orang tersebut dapat menjadi lebih rentan terhadap bakteri penyebab pneumonia (infeksi pada paru-paru yang menyebabkannya memiliki kantung udara berisi cairan).

            Seseorang yang sudah terjangkit virus pneumonia, maka ia akan secara perlahan akan mengalami kematian, dari kasus yang pernah terjadi, kematian biasanya terjadi setelah satu minggu seseorang tersebut terjangkit virus pneumonia.

            Hal lain yang dikatakan Dr. Amesh Adalja, orang yang terkena flu juga bisa mengalami "multiple organ failure", atau dengan kata lain ada beberapa organ yang berhenti bekerja dengan baik, sehingga bisa menimbulkan kematian.

            Komplikasi lain yang bisa dipicu oleh flu adalah pembengkakan jaringan jantung, otak atau otot. Infeksi tersebut dapat menyebabkan respon tubuh terhadap peradangan menjadi lebih ekstrem dan luas, atau lebih dikenal dengan Sepsis (suatu keadaan dimana tubuh bereaksi hebat terhadap bakteri atau mikroorganisme lain), yang tentu saja dapat mengancam jiwa.

 

Baca juga: 7 Makanan Yang Terbukti Menjaga Daya Tahan Tubuh 

Rajin Olahraga Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh?

Tags kesehatan