Riset Mengungkap Kerja Berlebihan Lebih Berbahaya Untuk Perempuan
26 July 2016
Hidup Seimbangku
Share

Riset Mengungkap Kerja Berlebihan Lebih Berbahaya Untuk Perempuan

Segala hal apabila dilakukan secara berlebihan itu memang tidak baik, salah satu contohnya adalah pekerjaan. Ladies, menghabiskan waktu terlalu banyak demi karir bisa membuat kesehatan semakin memburuk lho. Apalagi jika konsentrasimu terlalu terpaku pada kerjaan hingga kamu melupakan aspek-aspek lain yang penting juga untuk kehidupanmu.

Menurut professor Allard Dembe dari Ohio State University, “Perempuan yang bekerja secara berlebihan memiliki resiko kesehatan lebih tinggi dibandingkan dengan laki-laki” Oleh karena itu, perempuan lebih gampang terserang gangguan kesehatan secara fisik maupun mental.

Nah berikut ini adalah dampak yang ditimbulkan, apabila berkerja secara berlebihan

1. Kurang tidur

Bekerja secara berlebihan tentu saja membuat pola tidur kamu menjadi berantakan. Pasalnya, tubuh memerlukan istirahat yang cukup sehingga siap kembali beraktivitas keesokan harinya. Nah, kalau kamu kurang tidur, produktifitasmu keesokan harinya pun akan berkurang. Kamu akan kelelahan, mengantuk dan kekurangan daya konsentrasi.

2. Sistem kekebalan

Banyaknya jumlah pekerjaan, lembur dan lain-lain tentunya membuatmu kerja semakin keras. Kondisi fisik yang dipaksakan secara terus menerus dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun. Akibatnya fisik jadi gampang terserang penyakit seperti Flu atau infeksi lain.

Baca juga: 5 Aplikasi Fitness Ini Bantu Kamu Untuk Cepat Turunkan Berat Badan

3. Berat badan naik

Bekerja terus-terusan membuatmu tak lagi memiliki waktu untuk berolahraga. Duduk seharian didepan komputer sambil ngemil tentunya dapat membuat tubuh kamu semakin gemuk. Padahal, tubuh perlu dilatih agar tetap sehat, jadi mungkin saja kamu akan mengalami kenaikan berat badan.

4. Kulit

Kesehatan kulit akan berpengaruh saat kamu bekerja secara berlebihan. Masalah-masalah seperti jerawat ataupun kulit kering bisa jadi muncul saat kamu duduk seharian di ruangan ber-AC. Selain itu, mata pun bisa membengkak dan memiliki kantong di bagian bawah mata karena kurang tidur.

5. Kelelahan

Tubuh jika terus-terusan dipaksa untuk bekerja, maka akan membuat tubuh kamu semakin kelelahan. Maka dari itu, penting untuk istirahat secara teratur. Apalagi jika kamu bekerja di depan layar komputer, mata bisa mengalami ketegangan dan penting untuk mengistirahatkan mata.

6. Mudah stress

Bukan hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga bisa terganggu. Biasanya kamu kan menjadi lebih cepat marah, cepat cemas karena kurang istirahat. Belum lagi melawan rasa jenuh terhadap pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Makanya, sebaiknya kamu beristirahat yang cukup agar kondisi fisik dan mental semakin baik.

Tags kesehatan