PILIHAN OLAHRAGA YANG TEPAT UNTUK PENDERITA DIABETES
17 September 2018
Hidup Seimbangku
Share

PILIHAN OLAHRAGA YANG TEPAT UNTUK PENDERITA DIABETES

            Penderita diabetes sangat disarankan untuk berolahraga setiap hari. Olahraga dapat membantu penderita meningkatkan sensitivitas insulin, yang berarti sel-sel lebih mampu menggunakan insulin yang tersedia. Insulin digunakan oleh sel untuk menyerap gula dari aliran darah dan kemudian digunakan sebagai energi untuk tubuh. Serta, dapat memungkinkan otot menyerap dan menggunakan gula untuk energi, bahkan tanpa insulin. Selain itu, dengan berolahraga dapat mencegah salah satu komplikasi utama diabetes tipe 2, yakni penyakit kardiovaskular.

 

            Ada beberapa pilihan olahraga yang tepat untuk penderita diabetes, seperti:

Berjalan

            Jalan kaki adalah salah satu cara terbaik dan termudah bagi orang-orang dari segala usia untuk berolahraga, termasuk mereka yang menderita diabetes. Jalan cepat dapat meningkatkan detak jantung. Jenis latihan ini bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan.

             American College of Sports Medicine dan American Diabetes Association merekomendasikan untuk berjalan setidaknya selama 30 menit, lima hari dalam seminggu bagi penderita diabetes.

             Sebelum mulai berjalan, pastikan untuk melindungi kaki dengan tepat, agar terhindar dari kemungkinan kaki terluka. Juga, pilih kaus kaki atletik atau kaus kaki diabetes yang terbuat dari serat poliester yang dapat menyerap keringat dengan maksimal.

 

Tai Chi

            Merupakan seni bela diri tradisional Tiongkok, yang menggabungkan pernapasan diafragma dalam dan relaksasi dengan gerakan lembut. Bentuk latihan ini dilakukan dengan cara yang lambat dan santai selama 30 menit.

            Penderita diabetes dapat sangat merasakan manfaat dari latihan ini, karena ini berkontribusi terhadap kebugaran dan pengurangan stres. Tai Chi juga dapat meningkatkan keseimbangan dan mengurangi kerusakan saraf, komplikasi diabetes yang umum.

            Tai Chi dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah, atau memperbaiki metabolisme glukosa darah, memicu penurunan respons inflamasi. Juga, dapat meningkatkan tingkat kebugaran dan kesehatan.

 

Angkat beban

             Dapat membantu tubuh merespon insulin lebih baik, memaksimalkan penggunan gula darah dalam tubuh, menurunkan berat badan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

             Anda dapat melakukan latihan angkat beban setidaknya dua kali seminggu sebagai bagian dari rencana manajemen diabetes Anda. Pastikan untuk menjadwalkan hari istirahat antara latihan angkat beban, agar Anda tidak terlalu kelelahan.

 

Berenang

              Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan di Medicina, menganalisis efek dari program berenang selama 14 minggu terhadap kontrol glikemik pada remaja sehat dengan usia antara 14 – 19 tahun dengan penderita diabetes melitus tipe 1. Para peneliti menemukan bahwa aktivitas fisik jangka panjang di air dapat meningkatkan kontrol glikemik untuk semua peserta. Saat berenang, para penderita diabete sebaiknya menggunakan sepatu khusus yang dibuat untuk digunakan di kolam renang. Sepatu tersebut dapat membantu mencegah kaki tergores dan mengurangi risiko tergelincir.

 

Yoga

               Yoga dapat mencegah beberapa komplikasi yang terkait dengan diabetes. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Diabetes Care pada tahun 2011 melaporkan, bahwa yoga dapat digunakan sebagai terapi yang efektif dalam mengurangi stres oksidatif pada diabetisi Tipe 2.

               Beberapa pose yoga yang baik untuk penderita diabetes adalah Dhanurasana, Halasana, Ardha Matsyendrasana, Tadasana dan Balasana.

 

Baca juga: TIPS MENGONTROL DIABETES SAAT PUASA 

Jalani Puasa yang Aman untuk Penderita Diabetes