Ngantuk Ketika Berkendara Saat Mudik? Coba Cara Berikut Ini!
12 June 2018
Hidup Seimbangku
Share

Ngantuk Ketika Berkendara Saat Mudik? Coba Cara Berikut Ini!

            Menggunakan kendaraan pribadi seringkali menjadi pilihan banyak keluarga saat akan melakukan mudik. Jalanan yang macet dapat menimbulkan rasa kelelahan hingga mengantuk. Mengantuk saat berkendara tentunya sangat berbahaya.

            Hilang atau menurunnya konsentrasi saat berkendara diakibatkan dari rasa kantuk yang dialami, sehingga akan menyebabkan pengemudi kehilangan kendali saat berkendara. Kondisi tersebut tentunya bisa dicegah dengan menyiapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik.

            Rajin berolahraga dan cukup istirahat bisa menjadi beberapa cara untuk menjaga kondisi fisik saat perjalanan mudik. Selain itu, jangan lupa menjaga asupan makanan. Pilih makanan yang lebih sehat dan bergizi saat sahur dan berbuka puasa.

            Jika kantuk yang dirasa sudah sedikit mengganggu sementara rest area masih terlalu jauh, Anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak mengganggu saat mengemudi. Agar setidaknya menghilangkan sedikit rasa kantuk.

            Makanan yang dikonsumsi sebaiknya jangan mengandung tinggi karbohidrat, karena dapat memicu rasa kantuk. Pilihlah buah-buahan atau cokelat untuk ngemil, karena dapat membantu melawan kantuk.

            Mengobrol atau mendengarkan lagu juga bisa menjadi pilihan Anda untuk mengusir rasa kantuk. Tapi, sebaiknya jangan mengobrol atau mendengarkan lagu dengan volume yang terlalu keras, karena dapat mengganggu konsentrasi Anda saat berkendara.

            Jangan lupa segera menepi saat menemui rest area untuk segera beristirahat, melepas penat dan kelelahan saat perjalanan, paling tidak selama 30 menit sebelum melanjutkan perjalanan. Setelah beristirahat, tidak ada salahnya juga untuk melakukan olahraga ringan, seperti peregangan pada kaki dan tangan, agar tubuh merasa lebih bugar.

            Selain itu, ada baiknya Anda tidak berkendara lebih dari tiga jam, dan membuka kaca mobil untuk mendapatkan oksigen tambahan agar tidak cepat merasa lelah.

 

Baca juga: SOLUSI HILANGKAN KANTUK DI SIANG HARI SAAT BERPUASA 

ATASI KANTUK TANPA KOPI