Mulai Puasa dengan Sahur Sehat
30 May 2018
Hidup Seimbangku
Share

Mulai Puasa dengan Sahur Sehat

            Sebelum melakukan puasa, sebaiknya mulai dengan sahur. Sahur dilakukan sebelum terbit matahari. Makanan yang dikonsumsi saat sahur tidak harus hanya makanan yang mengenyangkan. Sama seperti makanan berbuka, makanan untuk sahur juga harus bernutrisi dan tidak dikonsumsi berlebihan.

            Sahur dilakukan untuk meminimalisir risiko kelaparan berlebih saat siang hari. Sahur juga menjadi waktu untuk mengumpulkan energi yang dibutuhkan untuk beraktifitas pada siang hari, hingga waktu berbuka.

            Ada beberapa alasan yang dapat menjelaskan mengenai pentingnya sahur sebelum berpuasa, seperti memastikan menu sahur Anda terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan serat.

            Serat sangat penting dalam menu sahur, karena dicerna dengan perlahan, sehingga akan membuat Anda kenyang lebih lama dan tetap bertenaga hingga waktu berbuka tiba. Vitamin dan mineral dalam makan sahur juga dapat membantu mencegah mual dan sakit kepala saat berpuasa, serta mengatur kadar gula dalam darah.

            Nutrisi yang tepat pada menu sahur juga dapat mengurangi rasa haus di siang hari dan membuat sistem pencernaan, mencerna makanan lebih mudah dan efisien. Selain menu makanan sehat, jangan lupa mengonsumsi cukup air minum untuk mencegah tubuh dehidrasi dan mencegah masalah kulit yang berhubungan dengan dehidrasi.

            Pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan dengan tinggi kadar garam, seperti acar, ikan asin dan makanan kaleng saat sahur. Serta, hindari juga mengonsumsi makanan berlemak dan pedas, karena dapat meningkatkan rasa haus di siang hari.

            Terakhir, pastikan Anda jangan mengonsumsi menu sahur beberapa jam sebelum waktu batas sahur atau imsak. Semakin dekat makan sahur dengan waktu imsak, semakin baik pula bagi Anda, karena risiko kelaparan jauh sebelum berbuka semakin sedikit.

 

Baca juga: 8 Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil 

Tetap tampil Cantik Selama Berpuasa? Bisa dong! Ini dia tipsnya