MENGAPA KITA TIDAK BISA MENGINGAT MIMPI?
30 August 2018
Hidup Seimbangku
Share

MENGAPA KITA TIDAK BISA MENGINGAT MIMPI?

            Selama tertidur, sebagian besar orang mengalami mimpi. Namun, tidak satupun orang yang dapat dengan pasti mengingat mimpi yang baru saja dialami. Jangan khawatir, karena hal tersebut sangatlah wajar.

            Menurut Thomas Andrillon, ahli saraf di Monash University di Melbourne, Australia, terdapat banyak laporan, bahwa orang-orang yang mengalami mimpi memiliki kemungkinnan melupakannya dengan lebih mudah.

            Sebuah penelitian pada tahun 2011 di jurnal Neuron mengatakan bahwa ketika kita tertidur, tidak semua bagian pada otak ikut beristirahat. Para peneliti menemukan salah satu bagian pada otak yang berperan penting dalam ingatan akan mimpi dan ingatan lain, yakni hippocampus, bagian pada otak dengan struktur melengkung yang terletak dalam setiap belahan otak, berperan sangat penting untuk memindahkan informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang.

            Hippocampus menjadi bagian otak yang terakhir beristirahat ketika kita tidur, dan menjadi bagian yang terakhir aktif pula ketika kita terbangun. Anda bisa saja mengingat seluruh mimpi, karena seluruh mimpi yang baru saja alami terekam jelas dalam hippocampus. Namun sayangnya, hippocampus belum sepenuhnya terjaga dan berfungsi maksimal ketika Anda terbangun. Ini yang menyebabkan Anda tidak bisa mengingat dengan jelas mimpi yang baru saja Anda alami.

 

Baca juga: Buat Kualitas Tidur Menjadi Lebih Baik 

ADAKAH PENGARUH SUARA ALARM TERHADAP KUALITAS BANGUN TIDUR DI PAGI HARI??

Tags mimpi