Lawan Flu atau Pilek dengan Puasa?
25 May 2018
Hidup Seimbangku
Share

Lawan Flu atau Pilek dengan Puasa?

            Saat sakit menyerang, seperti flu dan pilek, hal pertama yang Anda lakukan bisa jadi lebih sering mengonsumsi makanan bernutrisi. Dengan banyak makan, dipercaya dapat menambah nutrisi bagi tubuh saat sakit. Namun, bagaimana jika berpuasa saat sakit, flu atau pilek?

            Secara umum, puasa didefinisikan bahwa Anda tidak makan dan minum dalam jangka waktu tertentu. Namun, ada beberapa orang yang hanya berpuasa dengan menahan makan saja, atau berpuasa untuk menahan makanan tertentu dan menggantinya dengan minum jus.

            Saat berpuasa, glukosa menjadi nutrisi pertama yang diolah menjadi bahan bakar tubuh. Jika Anda berpuasa lebih dari 24 jam, maka setelah 24-48 jam, tubuh akan menggunakan protein otot dan lemak untuk mengubahnya menjadi energi.

            Sebuah penelitian terbaru, menunjukkan jika Anda berpuasa selama 48-72 jam dalam seminggu dapat membantu meningkatkan sel kekebalan tubuh yang sudah rusak, serta memungkinkannya meregenerasi sel tubuh menjadi lebih sehat.

            Flu dan pilek disebabkan oleh virus atau bakteri yang menjangkit dalam tubuh. Saat sistem kekebalan tubuh menurun, kemungkinan tubuh terserang flu atau pilek semakin besar.

            Berpuasa dapat membantu melawan dan menyembuhkan tubuh dari flu dan pilek. Saat berpuasa, asupan nutrisi, seperti zat besi dan seng ke dalam tubuh berkurang. Zat besi dan seng bisa menjadi agen penular bagi pertumbuhan dan penyebaran virus, serta bakteri pada flu dan pilek.

            Dengan berkurangnya asupan zat besi dan seng ke dalam tubuh, mendorong tubuh untuk menghilangkan sel yang terinfeksi virus dan bakteri flu, serta pilek.

            Jangan hanya mengandalkan berpuasa untuk menyembuhkan flu dan pilek. Saat berbuka puasa, jangan lupa tetap mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi penting untuk membantu mempercepat penyembuhan flu dan pilek.

            Makanan dengan rasa hambar dan mudah dicerna merupakan pilihan yang tepat saat Anda terserang flu dan pilek. Jangan lupa banyak minum, karena saat berpuasa tubuh kehilangan banyak cairan. Tambahkan juga jahe dalam makanan dan/atau minuman Anda. Jahe dapat membantu mengurangi rasa mual yang Anda rasakan saat flu dan pilek.

 

Baca juga: Seseorang Bisa Saja Meninggal Karena Flu 

Rajin Olahraga Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh?