LANGKAH MUDAH SUPAYA KAMU BISA HIDUP LEBIH SEHAT
18 January 2019
Hidup Seimbangku
Share

LANGKAH MUDAH SUPAYA KAMU BISA HIDUP LEBIH SEHAT

            Makanan ‘bersih’ bukan hanya sekedar tentang makanan yang dicuci dengan benar sebelum dikonsumsi. Makanan ‘bersih’ yang dimaksud di sini, merupakan makanan yang mengandung sejumlah nutrisi penting bagi tubuh, serta dengan penanganan dan pengolahan yang tepat, sehingga bermanfaat bagi tubuh.

            Konsumsi makanan ‘bersih’ bukan hanya sebagai program diet yang harus kamu lakukan ketika ingin mendapatkan berat badan ideal. Namun, makanan ‘bersih’ yang kamu konsumsi harus menjadi pola hidup. Supaya kamu tidak hanya memiliki tubuh yang ideal, tapi juga tubuh yang sehat, serta tidak mudah terserang penyakit.

            Lebih lengkapnya mengenai makanan ‘bersih’, yuk, simak uraiannya berikut ini:

 

Tidak mengonsumsi makanan kemasan dan olahan

            Menurut para ahli, makanan olahan termasuk makanan kemasan termasuk ke dalam makanan ‘kotor’. Sebaiknya, kamu mengonsumsi makanan yang diolah sendiri di rumah, ya. Selain itu, pilih  bahan makanan segar, seperti buah-buahan segar, sayuran segar, serta bahan makanan segar lainnya.

 

Tambahkan asupan protein dan karbohidrat

            Walaupun makanan padat nutrisi bukanlah hal umum yang menggolongkan bahwa makanan tersebut ‘bersih’. Namun, para ahli merekomendasikan untuk memasukkan sejumlah protein, karbohidrat dan lemak dalam menu makanan sehari-hari. Tapi perlu diingat, bahwa nutrisi harus berasal dari sumber alami dan sehat. Misalnya, telur dan kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik. Sementara kentang dan susu merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik.

 

Batasi asupan lemak, garam dan gula

            Cara paling mudah untuk membatasi asupan lemak, garam dan gula adalah berhenti mengonsumsi makanan olahan. Makanan olahan banya mengandung kalori, serta dikemas dengan kadar lemak, gula dan garam yang tinggi.

 

Pilih juga camilan atau makanan ringan yang sehat

            Mengonsumsi makanan ‘bersih’, bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi camilan atau makanan ringan. Para ahli gizi merekomendasikan, setidaknya mengonsumsi dua atau tiga makanan ringan dalam sehari. Hal ini bertujuan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, serta menjaga juga kadar energi dalam tubuhmu. Meski begitu, kamu juga harus memperhatikan camilan atau makanan ringan yang kamu konsumsi. Sebaiknya pilihlah camilan atau makanan ringan yang sehat dan alami, seperti buah-buahan, kacang-kacangan atau salad.

 

Stop minuman ringan dan tinggi kalori

            Minuman berkarbonasi dan minuman kemasan, seperti jus, teh dan kopi yang dikemas sebaiknya tidak kamu konsumsi lagi. Karena, dalam minuman-minuman tersebut mengandung kalori yang cukup besar, bisa mencapai 500 kalori per kemasan. Jadi, sebaiknya kamu minum minuman alami, seperti teh hijau tanpa pemanis tambahan, agar lebih sehat dan bersih.

Tags