Kontrol Berat Badan Saat Puasa
21 May 2018
Hidup Seimbangku
Share

Kontrol Berat Badan Saat Puasa

            Puasa menjadi salah satu kewajiban di bulan Ramadan. Bagi beberapa orang, puasa dapat menyebabkan kenaikan berat badan, namun bagi beberapa orang lainnya, puasa justru menyebabkan turunnya berat badan.

            Turun dan naiknya berat badan saat puasa disebabkan oleh asupan makanan saat sahur dan berbuka puasa. Selain itu, metabolisme tubuh juga berpengaruh.

            Kenaikan berat badan saat puasa bisa disebabkan, karena terlalu banyak makan saat sahur dan berbuka, bahkan hingga kekenyangan; ketidakaktifan setelah berbuka puasa; mengonsumsi hidangan sahur dan berbuka puasa dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya; serta mengonsumsi makanan berlemak dan mengandung tinggi kalori dalam jumlah banyak dan tidak terkontrol, terutama saat malam hari.

            Untuk menghindari kenaikan berat badan saat puasa, sebaiknya kendalikan asupan makanan Anda, terutama saat tengah malam, antara waktu setelah berbuka puasa dan sahur. Perhatikan asupan nutrisi yang Anda konsumsi. Pastikan jangan mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung kalori.

            Sedangkan, turunnya berat badan saat puasa biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan kalori saat berbuka dan sahur. Pastikan Anda mengonsumsi makanan berkalori sesuai dengan kebutuhan harian Anda.

            Trik menjaga berat badan saat puasa, Anda bisa dengan membatasi asupan jus atau minuman lain yang diberi tambahan gula, pilih makanan dengan rendah lemak, serta kunyah makanan secara perlahan. Hal tersebut dapat membantu Anda mengontrol berat badan, serta dapat menghindari gangguan pencernaan.

            Jangan lupa juga berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Walaupun berpuasa di siang hari, pastikan Anda tetap memenuhi kebutuhan cairan. Minumlah cukup air saat sahur dan berbuka puasa, untuk menghindari tubuh dehidrasi, serta dapat juga membantu mengontrol berat badan.

 

Baca juga: Ingin Turunkan Berat Badan Dengan Cepat? Kontrol 6 Hormon Berikut 

Turunkan Berat Badan Tanpa Mengurangi Porsi Makan?